Bangun Jalan,Talud dan Rehab 4 RTLH, TMMD 114 Desa Kabuaran Prembun Resmi Ditutup


Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri S.IP dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono S.H saat penutupan TMMD.(ft SK/ist)
PREMBUN, (seputarkebumen com)- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Sengkuyung tahap II tahun 2022 Desa Kabuaran Kecamatan Prembun secara resmi ditutup. Upacara penutupan program TMMD tersebut ditandai dengan penyerahan hasil TMMD dari Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri S.IP., kepada Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono S.H bertempat di lapangan Bedegolan, Desa Kabuaran, Kecamatan Prembun Kebumen Rabu 24 Agustus 2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono S.H., Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri S.IP., Dansecata Rindam IV/Dipenogoro Letkol Inf Suratman S.IP., Kasiren Korem 072/Pmk Mayor Inf Andrianto, Wakapolres Kebumen Kompol Bakti Kautsar Ali, S.SOS. SIK. MH., sejumlah Forkopimcam Prembun, serta OPD terkait.

 TMMD dengan tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" berlangsung di Desa Kabuaran selama satu bulan, sejak tanggal 26 Juli hingga 24 Agustus 2022. Sasaran fisik yang telah dibangun diantaranya yaitu, pembangunan jalan rabat beton sepanjang 600 meter, pembuatan talud sepanjang 400 meter, serta rehab 4 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

 Pencapaian program sasaran fisik diatas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan Ketentraman dan ketertiban masyarakat, Penyuluhan Prokescegah penularan Covid-19 dan Pencegahan Stunting, Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular. 

Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri usai meresmikan jalan rabat beton mengatkan keberhasilan TMMD merupakan hasil sinergitas TNI, Polri, pemda, dan masyarakat. Dirinya berharap hasil pembangunan dai TMMD dapat dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.


“Ini adalah bentuk kemanunggalan TNI, POLRI, pemerintah daerah dan juga masyarakat Desa Kabuaran, terjalinnya hubungan secara emosional , kebatinan, menjadi sinergi yang baik untuk pertahanan bangsa”, kata Dandim.

 Dalam kesempatan itu Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono S.H, menyampaikan  bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergitas anatara TNI Polri dengan pemerintah kabupaten. Untuk itu, dirinya berharap sinergitas yang baik tersebut bisa terus berlanjut untuk bisa mempercepat pembangunan di Kabupaten Kebumen.

“Ini Bukti TNI, Polri ,Pemerintah Daerah dan juga masyarakat cukup bersinergi, harapanya sinergi yang bagus ini dapat berlanjut di tempat-tempat yang lain”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Kabuaran Bapak Subur Nowo Prasetyo mengucapkan terimakasih dan apresiasi hasil kinerja program TMMD Sengkuyung II. Hasil program TMMD ini tentunya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena sebagai jalan Penghubung ke tiga wilayah kecamatan sekaligus yaitu wilayah Kecamatan Prembun, Poncowarno dan Kecamatan Kutowinangun.

“Mudah-mudahan dengan pembangunan jalan tersebut dapat mempermudah akses masyarakat dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian," ungkapnya.(*)