Selamat, Bahrun Munawir Resmi Jabat Kepala Bappeda Kebumen


Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wabup Ristawati purwaningsih dan Sekda Kebumen Edi Rianto saat melantik kepala Bappeda Bahrun Munawir di pendopo Kabumian.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melantik dua Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT Pratama), dan 25 Administrator dan Pengawas. Pelantikan berlangsung di Pendopo Kabumian, Senin (11/12/2023).

Dua JPT Pratama yang dilantik, yakni Bahrun Munawir sebagai Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, dan Mukhsinul Mubarok sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, pengangkatan pejabat berdasarkan prestasi dan loyalitas dalam bekerja. Karenanya, meski usia Bahrun masih tergolong muda, bukan menjadi persoalan, yang penting tidak menyalahi prosedur atau tata aturan.

"Saya kira tidak masalah, karena dalam pengangkatan pejabat baru itu ukurannya adalah kinerja, prestasi dan loyalitas. Jadi siapapun punya kesempatan yang sama. Kita butuh banyak ASN yang punya inovasi dan gagasan yang cemerlang," ujar Bupati.

Bupati juga menegaskan, dalam proses pengangkatan pejabat baru semua sudah dilakukan secara transparan, dan obyektif. Mereka sebelumnya harus melalui tes atau assesment dari tim asesor dan Baperjakat. Dirinya berkomitmen, siapa yang ranking pertama itu yang dilantik.

"Kemarin dari delapan yang mendaftar kepala Bappeda, ranking pertama itu Bahrun dengan nilai 83,64. Kedua, Yunita Prasetyani dengan angka 81,56. Ketiga Puji Lestari dengan angka nilai 81,05. Tahapan seleksi ini sudah dilalui dengan transparan, dan obyektif melalui tim asessment yang kita sendiri nggak kenal," jelasnya.

Diketahui Bahrun saat ini menjadi JPT Pratama termuda. Pria kelahiran 1986 ini pertama kali berkarier menjadi PNS pada 2010 - 2012 sebagai Staf Bappeda. Kemudian pada 2012 - 2012 menjadi Ajudan Bupati Kebumen.

Pada 2012 - 2016, ia menjanat Kasubid Pemerintahan dan Pendidikan Bappeda. Kemudian pada 2017 Kasubag Perencanaan, Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan Bagian Pembangunan Setda.

Karier Bahrun terus meningkat. Pada 2017 - 2019, ia dipercaya sebagai Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan. Tak lama setelah itu, pada 2019 - 2021 Kepala Bidang Izin Usaha Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sebelum jadi Kepala Bappeda, dia pernah menjadi Sekcam Prembun, Camat Kuwarasan, Sekretaris Bappeda, Camat Kebumen, dan kemudian ia terpilih sebagai Kepala Bappeda. Ia menggantikan Edi Rianto yang diangkat menjadi Sekda. 

Selain dua JPT pratama yang dilantik, Bupati juga melantik Karyanto sebagai Camat Kebumen. Kemudian Heri Purnomo yang dipromosikan sebagai Camat Bonorowo. Lalu beberapa di antaranya ada kepala bidang, kepala seksi, kepala sub bagian dan lain-lain.(*)