Berikan Layanan Terbaik untuk Masyarakat, KUA Kutowinangun Tempati Gedung Baru


Gedung baru kantor KUA Kecamatan Kutowinangun.(ft SK/ist)
KUTOWINANGUN, (seputarkebunen.com)- Kantor Urusan Agama Kecamatan Kutowinangun secara resmi menempati gedung baru. Gedung tersebut sebelumnya merupakan sekretariat Guru Pendidikan Agama Islam dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Kabupaten Kebumen wilayah timur yang terletak di Jalan Stasiun Dukuh Kauman Kecamatan Kutowinangun. 

Sebelumnya, selama kurang lebih sepuluh tahun KUA Kutowinangun menempati gedung di atas tanah wakaf di Jalan Gerilya Desa Mekarsari Kecamatan Kutowinangun. Lokasinya sedikit terpencil masuk permukiman warga dan agak susah dijangkau oleh masyarakat.

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Sukarno diserahkan kepada Camat Kutowinangun Bawono Adi Nugroho, Rabu (06/12/2023). Turut hadir mendampingi Kakankemenag, Kasi Bimas Islam Salim Wazdy, dan Kepala KUA Kutowinangun Kuswadi.

Dalam arahannya, di hadapan jajaran forkompimcam dan tokoh masyarakat setempat Sukarno mengatakan, pihaknya terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya melalui program revitalisasi KUA yang merupakan program prioritas Kementerian Agama.

“Relokasi gedung KUA Kutowinangun ini merupakan salah satu upaya kami memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Harapannya, dengan lokasi yang strategis karena dekat dengan jalan raya, pasar tradisional, Masjid dan Kantor Kecamatan ini, layanan KUA menjadi lebih baik dan lebih diterima oleh masyarakat.

Sukarno menambahkan, jika selama ini KUA identic dengan hanya layanan pernikahan. Maka ke depan, dengan program revitalisasi KUA tersebut, KUA diharapkan bisa melayani apa saja sesuai dengan kebutuhan masyarakat. KUA diharapkan dapat menjadi miniatur Kemenag Kabupaten yang ada di tingkat Kecamatan sehingga bisa melayani sebagaimana pelayanan yang ada di Kemenag Kabupaten.

Di sisi lain, Kepala Desa Kutowinangun Fahmi Huda mengatakan sangat mendukung dan berterimakasih kepada Kemenag Kebumen. Ia berharap dengan keberadaan Kantor Urusan Agama di wilayahnya bisa mendatangkan manfaat tersendiri bagi warganya. Terutama disampaikan yaitu keinginannya bekerjasama dengan para penyuluh terkait pembinaan Madrasah Diniyah pendidikan agama bagi anak – anak.

“Desa kami punya sekitar 25 Guru Ngaji dan siap bekerjasama dengan KUA mengembangkan Pendidikan Agama Islam di sini,” katanya.

Disampaikan juga oleh Fahmi,  guna mendukung KUA Kutowinangun, pihaknya siap membuatkan papan petunjuk arah menuju lokasi KUA. Termasuk juga siap berkoordinasi dengan pengelola pasar terkait kemanan dan pengelolaan parkir.(*)