Peringati Hari Guru dan HUT PGRI ke 78, Bupati Bagikan Hadiah 32 Sepeda untuk Siswa Berprestasi


Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke- 78 tingkat Kabupaten Kebumen Tahun 2023 yang berlangsung di halaman Pendopo Kabumian.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pemkab Kebumen melaksanakan upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke- 78 tingkat Kabupaten Kebumen Tahun 2023 yang berlangsung di halaman Pendopo Kabumian pada Sabtu 25 November 2023. 

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sebagai pembina upacara, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, jajaran Forkopimda, Sekda Edi Rianto, Kepala OPD, Pengurus PGRI Kabupaten Kebumen, para kepala sekolah, guru dan juga siswa.

Upacara yang sama juga dilaksanakan di tingkat kecamatan yang dipimpin oleh Camat secara serentak. 

Bupati menyampaikan selamat atas perayaan hari guru nasional dan HUT PGRI tahun ini. Ia mengapresiasi kepada guru-guru yang telah dengan tulus iklas mendidik putra putri kita menjadi insan yang cerdas dan berakhlak.

"Untuk semua guru yang ada di Kabupaten Kebumen, saya ucapkan selamat Hari Guru, dan HUT PGRI ke- 78. Guru adalah orang yang kita hormati. Saya sendiri tidak mungkin bisa jadi Bupati, tanpa mendapat didikan dan pengajaran dari guru. Guruku pahlawanku adalah ungkapan yang tepat sepanjang masa," ujar Bupati.

Sebagai wujud apresiasi, pada kesempatan tersebut, Bupati memberikan hadiah dan penghargaan kepada guru, kepala sekolah, pengawas, operator sekolah, pengelola perpusatakan, dan sekolah-sekolah yang peduli terhadap kebencanaan. Termasuk memberikan 32 sepeda kepada siswa berprestasi di bidang masing-masing.

"Tadi alhamdulillah kita telah berikan piagam penghargaan untuk para guru, kepala sekolah, operator, pengawas, dan pengelola perpustakaan serta sekolah-sekolah yang peduli kebencanaan. Kemudian 32 sepeda untuk siswa/siswi berprestasi," terang Bupati.

Bupati melihat, banyak siswa/siswi di Kebumen berprestasi yang patut dibanggakan. Baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Seperti para siswa yang berhasil menjuari Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA), dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Tadi banyak anak-anak kita berhasil menjadi juara, ada siswa SD Muhammadiyah Kebumen yang menjuarai lomba bulutangkis tingkat nasional.  Ada yang juara satu  renang tingkat provinsi dari SDN 2 Candirenggo, Ayah. Juara pencak silat juga banyak," ucap Bupati.

Menurut Bupati, anak-anak seperti mereka harus terus didampingi dan dilatih, agar bisa menjadi atlet-atlet berprestasi. "Peran guru di sini sangat penting untuk terus mendukung mereka. Demikian juga pemerintah daerah akan terus ikut mendorong," ucapnya.

Faqih Khairy Rahwan, Siswa SD Muhammadiyah Kebumen yang menjadi juara 1 nasional lomba bulutangkis diajang O2SN 2023 menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Bupati dan Pemerintah Daerah atas perhatian yang telah diberikan.

"Kita bersyukur sudah bisa menjadi wakil dari Kabupaten Kebumen untuk lomba bulutangkis tingkat nasional di ajang 02SN. Alhamdulillah mendapat hasil maksimal, ini juga berkat dukungan dari orangtua, guru sekolah, dan juga pemerintah. Untuk semua yang sudah mendukung saya ucapkan terima kasih," ujar Faqih. Ia berharap, pemerintah bisa terus memberikan dukungan terhadap atlet-atlet Kebumen. 

Kemudian menyangkut kesejahteraan para guru, Bupati menegaskan pihaknya telah mengangkat 2000 lebih guru PPPK. Dimana sebelumnya keberadaan mereka seperti tak diakui. "Porsi penerimaan PPPK di Kebumen yang paling banyak adalah guru. Dengan pengangkatan PPPK kita ingin guru-guru honorer di Kebumen bisa lebih sejahtera," ungkapnya.

Hari Guru tahun ini mengambil Tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar" dan HUT PGRI ke 78 dengan Tema "Transformasi Guru Menuju Indonesia Maju". Peringatan Hari Guru ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten, tapi di semua kecamatan, dengan menggelar kegiatan menarik seperti jalan sehat, pemberian hadiah dan penghargaan.(*)