Maksimal Tegakkan Perda, Personel Satpol PP ditiap Kecamatan akan ditambah


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai memimpin apel pagi ASN di halaman Gedung Setda Kebumen,(*
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kebumen memberikan tambahan empat mobil patroli untuk Satpol PP Kebumen. Penyerahan kendaraan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai memimpin apel pagi ASN di halaman Gedung Setda Kebumen, Senin 27 November 2023.

Selain menyerahkan mobil patroli Satpol PP, Bupati juga menyerahkan tiga mobil dinas untuk pimpinan OPD, yakni Dinas Kominfo, Kesbangpol, dan BPBD. Pembaharuan mobil dinas ini, tidak lain untuk mendukung kerja-kerja kedinasan di setiap OPD.

"Mobil sebagai sarana dan prasarana ini diberikan untuk peningkatan pelayanan masyarakat. Kita tahu untuk Satpol PP ini kendaraan oprasionalnya masih cukup minim, sehingga perlu kita tambah, agar mobilitas jangkauannya lebih luas," ucap Bupati.

Untuk peningkatan pelayanan masyarakat, Bupati menyatakan, pihaknya telah menambah jumlah anggota Satpol PP di tiap-tiap kecamatan. Tujuannya agar Satpol PP dapat membantu pemerintah daerah dalam menegakkan Peraturan Daerah  dan menciptakan ketenteraman/ketertiban masyarakat di seluruh kecamatan.

“Untuk tiap-tiap kecamatan kita tambah anggota minimal 10 orang.” kata Bupati.

Karena, untuk mendukung kinerja Satpol PP, pihaknya berharap ke depan perlu ada kendaraan oprasional Satpol PP di tiap-tiap kecamatan. Begitu juga petugas Damkar, Bupati menginginkan agar ada di masing-masing kecamatan. 

Bupati berharap Satpol PP, Damkar dan Linmas sebagai tangan kanan pemerintah dapat dilatih agar disiplin, tangguh, dan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Karena setiap upaya pembangunan di kabupaten tidak mungkin terlaksana jika belum tercapai ketertiban dan ketentraman, serta tidak adanya rasa aman di masyarakat,” kata Bupati.

Ketiga satuan tersebut juga akan diminta mengikuti latihan bela diri, baik judo maupun pencak silat. Termasuk dilatih agar memiliki kemampuan SAR. Bisa bekerjasama dengan BPBD.(*)