Gelaran Semarak Budaya Kebumen 2023 Berlangsung Meriah


Tarian tradisional Cepetan saat tampil di Semarak Budaya.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pemkab Kebumen melalui Dinas  Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen menunjukkan rasa kecintaannya terhadap kebudayaan daerah. 

Untuk kesekian kalinya masyarakat Kebumen berkumpul di Moro Soetta untuk menyaksikan pagelaran budaya bertajuk Semarak Budaya Kebumen 2023, Semangat Kepahlawanan Menuju Kebumen Sehat dan Peduli, Jumat (24/11/2023) malam.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen Sri Kuntarti bersama Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Dewi Indri Astuti disela-sela kegiatan kepada wartawan menyampaikan kegiatan budaya malam ini didukung para pelaku seni, sanggar tari, para seniman dan para budayawan.

"Alhamdulillah rangkaian Moro Soetta Festival malam ini berlangsung meriah. Kegiatan diawali pada pukul 19.00 WIB dengan penampilan Kebumen Violin Orchestra, Barongsai dan Tari Cepetan.  Banyak dari masyarakat dari sanggar tari, para seniman, para budayawan yang ikut memeriahkan serta menyemarakkan kegiatan ini," ungkapnya.

Diakui Sri Kuntarti saat menyaksikan tari tradisonal, musik orchestra dengan para pemainnya didominasi anak-anak muda merasa bangga yang sangat luar biasa dan apresiasinya sehingga acara ini dapat terselenggara meriah dan mampu menjadi hiburan untuk masyarakat Kebumen.

"Harapannya Kebumen makin dikenal luar dengan kabupaten yang kaya kreativitas dan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan karya-karya terbaiknya sehingga mampu mengundang animo masyarakat untuk datang dan menyaksikan hiburan rakyat di Moro Soetta sebagai pusat perekonomian dan hiburan di jantung Kota Kebumen," harap Sri Kuntarti yang langsung diamini Sekdin Disparbud Dewi Indri Astuti.

Sri Kuntarti mengatakan tak kalah penting adanya support serta dukungan dari seluruh unsur dan aspek Pemerintahan Kabupaten Kebumen karena Disparbud

akan terus berkomitmen menuangkan ide-ide kreatif, inovasi dan dukungan penuh terhadap kelestarian budaya.

"Kami Pemerintah Kabupaten Kebumen terus berkomitmen untuk menuangkan gagasan kreatif seperti film-film karya orang Kebumen tadi bagus-bagus. Dan juga dukungan penuh terhadap kelestarian budaya agar warga Kebumen memiliki kebanggaan terhadap kotanya," pungkasnya.

Masih di Kawasan Moro Soetta, pada Sabtu malam Minggu (25/11/2023) 2024 puncak rangkaian Moro Seotta Festival akan ditutup dengan kegiatan Festival Musik 76 Happii dengan menampilkan artis ibu kota, Ivan Seventeen, Dea Kiki, Novi Basmita, serta artis lokal yang bakal menghibur warga masyarakat Kebumen.

Bagi masyarakat yang berminat silahkan hadir ke Moro Soetta karena masyarakat tidak dikenakan biaya alias gratis. Selain menghadirkan pagelaran seni dan kebudayaan juga akan diisi kegiatan menarik lainnya berupa mural, BMX, Skate Board, photography challenge,  Tari Lawet, Tari Ebeg, dan Wedangan Happii. 

"Bagi masyarakat yang datang pihak penyelenggara juga menyediakan hadiah puluhan juta. Karena itu, kegiatan menarik ini jangan sampai terlewatkan," tandasnya. 

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, serta jajaran Forkompimda dan para SKPD.(*)