Alun-alun Pancasila,Ruang Terbuka Publik, Sarana Olah Raga, Wisata Kuliner, dan Santai Bersama Keluarga

Penampilan baru Alun-alun Pancasila Kebumen masih dalam pembangunan.(ft SK/ist)


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Alun-alun merupakan ruang terbuka untuk publik. Alun-alun juga menjadi pusat kota dan pusat kegiatan masyarakat sehingga perawatan harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 

Branding suatu kota bisa tercermin dari alun-alunnya. Bagaimana Alun-alun Pancasila Kebumen..??? Penelusuran wartawan mendapati renovasi alun-alun yang menjadi pusat kegiatan masyarakat 

sudah memenuhi unsur keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Kebumen Tri Mujiyanto menjelaskan pembangunan Alun-alun Pancasila Kebumen terkonsep modern dengan menggunakan pendekatan humanis. 

"Ada beberapa bagian struktur yang kita pindahkan untuk mempermudah akses baik dari segi keamanan dan kenyamanan terkhusus untuk kaum disabiltas mas," kata Tri Mujiyanto, Senin (20/11/2023).

Tri Mujiyanto menyebutkan, alun-alun baru kini sudah mempunyai guiding block untuk memberikan fasilitas yang membantu para penyandang disabilitas. Fasilitas tersebut penting bagi para difabel tunanetra karena kebutuhan mereka berbeda dengan orang normal pada umumnya.

Selanjutnya, pembangunan alun-alun yang menghabiskan anggaran Rp9.814.525.000 ini memberikan tiga kantong parkir untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat di area dalam alun-alun. 

"Kantor parkir semua kendaraan nantinya dimasukan semua kedalam mas. Bagian barat, timur dan selatan alun-alun. Jadi harapannya seputaran alun-alun steril dari kendaraan," ucapnya melanjutkan.

Lebih lanjut Tri Mujiyanto menjelaskan renovasi Alun-alun Pancasila Kebumen juga sudah memperhatikan segi faktor keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat. 

Terkait sistem saluran drainase alun-alun masih menggunakan drainase lama. Diakui Tri Mujiyanto sistem drainase lama masih memenuhi syarat dan dalam kondisi baik. Sehingga untuk tahun ini hanya dilakukan normalisasi. 

"Kemarin sempat tergenang banjir karena masih masa pengerjaan untuk normalisasi belum selesai semua mas. Kemungkinan kemarin sempat tersumbat karena saluran tertutup matrial pembangunan," tuturnya.

Menurutnya, alun-alun menjadi pusat kota dan salah satu elemen perancangan kota. Oleh karena itu pihaknya dalam renovasi pembangunan alun-alun sudah sangat memperhatikan unsur keselamatan dan keamanan serta kenyamanan.

"Jangan sampai dengan adanya renovasi tersebut masyarakat malah menjadi terganggu dalam beraktivitas seperti biasanya," pungkasnya.

Pembangunan renovasi Alun-alun ditarget akan selesai pada tanggal 30 November 2023. Tampilan baru Alun-alun Pancasila Kebumen nantinya akan menyuguhkan sebagai lokasi wisata kota, tempat santai dan nongkrong serta sebagai sarana bagi masyarakat berolahraga. (*)