60 Siswa PSHT Ranting Karanggayam Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat


Siswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Karanggayam Cabang Kebumen Pusat Madiun saat mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). (ft SK/ist)
KARANGGAYAM, (seputarkebumen.com)- Sebanyak 60 SiswaPersaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Karanggayam Cabang Kebumen Pusat Madiun mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Dalam ujian ini para siswa digembleng mental dan fisik, kedisiplinan serta ilmu adab.

Kegiatan berlangsung di lingkungan SMP 2 Binangun Desa Wonotirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen Minggu, 26 November 2023. Ujian ini merupakan kenaikan dari sabuk polos ke Jambon dan dari Jambon ke hijau.

Wakil Ketua Ranting Kecamatan Karanggayam Purnomo mengatakan tujuan ujian ini yaitu untuk membentuk siswa menjadi manusia yang berbudi luhur. Yaitu manusia yang memiliki adab serta tahu benar dan salah. 

"Kegiatan UKT ini adalah dalam kenaikan level sabuk siswa PSHT. Tujuan nya untuk membentuk manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah." ucapnya. 

Adapun rangkain ujian ini yaitu meliputi tes mental, tes fisik, berlatih bertarung tangan kosong, hingga pengambilan sabuk. Ia berharap melalui kegiatan ini para siswa bisa patuh terhadap perguruan dan pelatih, memiliki kepribadian baik serta rendah hati. 

"Harapannya melalui UKT ini adek-adek bisa manjadi siswa yang patuh, menjadi manusia yang berperilakuan baik dan atlet yang berprestasi bagi yang masih sekolah dan yang sudah tidak sekolah bisa menjadi pribadi yang lebih baik." imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Ranting Karanggayam Sukardi menambahkan, sejak dibuka pada tahun 2014, Ranting Karanggayam telah mendidik ratusan siswa hingga menjadi warga PSHT. Sejumlah prestasi pun kerap diaraih dalam kejuaraan. Mulai dari Event SH Cup hingga Popda. 

‘’ Alhamdulilah tempat latihan ini kami buka mulai 2014. Banyak sudah kita didik siswa menjadi warga dan banyak yang berprestasi di kejuraan SH cup Juara 1 berturut turut dan Popda.’’jelasnya Sukardi yang sekaligus Wakil Ketua Banser Kecamatan Karanggayam itu.

Pria yang terkadang juga menjadi Masseur Tim Sepakbola Persak dan Kebumen Angle itu berpesan kepada para siwa untuk senantiasa mengedepankan kedisiplinan dalam berlatih. Termasuk mengutamakan adab sebagai dasar untuk menjadi manusia yang berbudi luhur serta berprestasi.

‘’ Dalam latihan ini kami tekankan intinya dahulukan adab, disiplin dalam berlatih dan terus semangat meraih prestasi,’’pesannya.(*)