Justin Liee Kampanye Bahasa Jawa Lewat Lirik Lagu


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Justin Liee satu diantara musisi yang peduli dengan adat budayanya. Melalui sentuhan musik, musisi berbakat asal Kebumen itu mencoba mendekatkan laku budaya mengucapkan bahasa Jawa Krama dengan lirik lagu ciptaannya.

Justin Liee berpendapat, cara menarik itulah yang dapat membumikan kembali bahasa Jawa Krama kepada generasi muda yang kini kian memudar.

“Musik menjadi alternatif untuk terus melestarikan budaya kita. Jika dikemas secara menarik dengan harapan tanpa disadari juga turut melestarikan budaya berbahasa krama,” terang dia, Jumat (26/3/2021).

Melalui sentuhan musik, Justin mengajak kepada masyarakat agar tidak malu menggunakan bahasa Jawa Krama. Ini dinilai penting mengingat laku berbudaya dalam bahasa kini mulai luntur seiring perkembangan zaman.

 

“Tidak sedikit sekarang anak muda sudah lupa bahkan tidak mengerti apa itu bahasa Jawa Krama. Nah ini yang mendasari supaya kita tidak malu,” ucapnya.

 

Selain itu, Justin Liee memiliki alasan lain pada pemilihan lirik lagu bahasa Jawa Krama. Ternyata bahasa Jawa Krama menjadi bahasa keseharian yang digunakan kepada orang tuanya di rumah.

 

“Karena sudah menjadi bahasa sehari-hari jadi lebih meresapi mungkin ya,” ujar dia.

 

Diketahui, karir Justin Liee mulai merangkak naik setelah beberapa karya versi lirik berbahasa jawa dinyanyikan ulang penyanyi dangdut papan atas seperti Happy Asmara hingga Via Vallen.

 

Dua lagu ciptaannya yang kini cukup familiar didengar masyarakat yakni berjudul Salam Tresno dan Layang Dungo Restu (LDR). Lagu tersebut bahkan disambut baik masyarakat setelah diunggahnya melalui kanal media sosial seperti Youtube dan platform lain. (Hfd)