Siap-siap Lur! Kebumen Mulai Vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari 2020

Seseorang sedang menjalani vaksinasi Covid-19 (Foto : Kemenkes RI)

KEBUMEN (seputarkebumen.com) – Masyarakat Kebumen diminta untuk bersiap menjalani vaksinasi Covid-19 secara bertahap yang akan dimulai pada pekan depan atau tepatnya 14 Januari 2020.

“Pencanangan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2021,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Dwi Budi Satrio, Selasa (5/1/2021). 

Disebutkan, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan prioritas dan peruntukannya. Pada tahap pertama akan manyasar nakes serta orang yang berkecimpung di dunia kesehatan.

“Pada prinsipnya semua warga yang rentan usia 18 tahun s/d 59 tahun, tetapi pelaksanaan secara bertahap,” terangnya.

Sementara, tahap kedua menyasar kepada para petugas publik seperti tni dan polri serta swasta yang terlibat langsung dengan massa. Sedangkan tahap ketiga menyasar masyarakat umum seperti daerah yang memiliki resiko penularan tinggi, dilanjutkan masyarakat umum lain.

Dijelaskan Budi, Kabupaten Kebumen diberikan kuota vaksin Covid-19 jenis Sinovac sebanyak 6.973 dosis. Vaksinasi tahap pertama ini diprioritaskan menyasar tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah titik.

Pihaknya mencatat nakes yang akan mendapatkan vaksin sebanyak 3.906 orang yang berada di rumah sakit, 2.060 orang di Puskesmas, sarana kefarmasian 1.503 orang, klinik 335 orang dan Dinas Kesehatan 87, UP3 22 orang serta laboratorium kesehatan 20 orang.

Budi menegaskan, distribusi vaksin jenis Sinovac telah mengantongi izin pengawasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga pada penggunaan dipastikan aman.

Adapun pelaksanaan akan dipusatkan di sejumlah fasilitas kesehatan yang terdaftar melalui Surat Keputusan Kepala Dinkes dengan tenaga vaksinator Covid-19 di Kabupaten Kebumen sejumlah 2.372 orang. Disebutkan, jumlah tersebut tersebar di 6 rumah sakit dan 35 Puskesmas di Kabupaten Kebumen.

“Pelatihan vaksinator Covid-19 sudah dilakukan pada oktober hingga november 2020,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Budi, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kebumen akan dilakukan berdasar data yang terekam pada Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI-SDMK). Data tersebut terupdate terakhir pada Senin 4 Januari 2021 pukul 20.00 WIB. (hfd)