Bantuan 15 Traktor dari APBN tahun 2020 Diserahkan Ke Gapoktan di Kebumen


 BULUSPESANTREN (SeputarKebumen) - Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor roda dua kepada puluhan kelompok tani di Kabupaten Kebumen.

Kegiatan penyerahan bantuan dilakukan di lapangan desa Sidomoro Buluspesantren, Jumat (18/9/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Arif Sugiyanto mengatakan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor tersebut merupakan bantuan yang bersumber dari APBN 2020 Kementerian Pertanian. Wakil Bupati berharap adanya bantuan traktor ini dapat mendukung gerakan percepatan olah tanah dan tanam (GPOT) khususnya padi sawah di Kabupaten Kebumen.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen Tri Haryono, Pemerhati Kebijakan Publik Bidang Perempuan dan Anak Amelia Anggraeni, serta Ketua Gapoktan/Poktan Penerima Bantuan Hibah Alsintan.

Pemerhati Kebijakan Publik Bidang Perempuan dan Anak Amelia Anggraeni usai acara menyampaikan, penggunaan alsintan modern akan menambah volume capaian kinerja petani, mempercepat masa kerja baik masa pengolahan tanah, panen maupun pascapanen. 

"Kalau bisa, peralatan-peralatan pertanian ini kita modernisasi. Apalagi di Kebumen ya yang punya potensi pertanian sedemikian baik," kata Amelia yang juga mantang anggota DPR RI ini. (pF)