Idul Fitri 1445H, 423 Personil PLN Siap Amankan Listrik Cilacap dan Kebumen

Personil PLN siap mengamankan aliran listrik selama idul fitri 1445 H.(ft sk/ist)
CILACAP, (seputarkebumen.com)-  PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cilacap siap memberikan pelayanan prima untuk masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Tak kurang dari 423 personil diterjunkan untuk pastikan keandalan pasokan listrik di wilayah Cilacap dan Kebumen. Pengamanan personil gabungan tersebut terdiri dari pegawai, petugas pelayanan teknik, petugas Unit Reaksi Cepat, petugas _Command Center_, hingga petugas keandalan di Gardu Induk yang siaga selama 24 jam memastikan keandalan pasokan listrik ke rumah pelanggan. 

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Cilacap, Yudho Rahadianto menyatakan bahwa dalam menyambut Idul Fitri 1445 H, PLN berkomitmen menyalurkan listrik yang andal sehingga masyarakat dapat beribadah dengan khusyuk juga menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat tercinta.

"PLN Cilacap siap mengamankan kelistrikan dalam momen Idul Fitri 1445 H di wilayah Cilacap dan Kebumen, termasuk lokasi prioritas yang meliputi masjid, kantor instansi pemerintahan, pusat transportasi, tempat wisata dan rest area. Kami berharap masyarakat dapat menikmati ibadah dalam momen idul fitri bersama keluarga serta kerabat dengan nyaman." jelas Yudho.

Dalam periode siaga Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 19 April 2024, PLN Cilacap mempersiapkan 7 posko siaga keandalan listrik yang tersebar di wilayah Cilacap dan Kebumen meliputi 6 Posko Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN, 1 Posko Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 3 Lokasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Untuk mendukung keberadaan posko tersebut, PLN juga menyiapkan sejumlah material pendukung pada periode siaga yaitu 32 mobil dan 12 motor.

Sementara itu, berdasarkan proyeksi konsumsi daya selama periode Lebaran, pasokan daya yang dimiliki PLN cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan selama momen tersebut di wilayah Cilacap dan Kebumen.

“Kondisi pasokan listrik untuk wilayah Cilacap dan Kebumen saat ini aman, dipasok dari Subsistem Kesugihan dengan 7 Gardu Induk dengan jumlah 11 juta pelanggan terlayani. Terlebih PLN juga telah melakukan inspeksi dan pemeliharaan aset secara preventif sebagai langkah preventif untuk memastikan kondisi jaringan distribusi listrik aman.” imbuh Yudho.

PLN Cilacap juga siap melayani dan memudahkan masyarakat menggunakan kendaraan listrik selama Ramadan dan Lebaran 2024. Untuk arus mudik Lebaran 2024, PLN telah mempersiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yaitu di Unit Layanan Pelanggan Kebumen, Kroya dan Cilacap Kota. 

PLN juga menghimbau kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan ataupun informasi terkait kelistrikan untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile di _Play Store_ atau _App Store_. Dengan mengakses PLN Mobile pelanggan dapat menyampaikan keluhan gangguan listrik, mengajukan pasang baru atau tambah daya termasuk mendapatkan informasi lokasi SPKLU yang akan memudahkan para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.(*)