Tentukan Awal Ramadhan 1445 H, Kemenag Gelar Rukyatul Hilal, Pengurus MUI : Saya Bersaksi belum Melihat Hilal


Kementerian Agama (Kankemenag)  Kebumen bersama Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Daerah Kabupaten saat melaksanakan rukyatul hilal di Pos  Observasi Bulan (POB) Pantai Pedalen Kecamatan Ayah.(ft SK/IS
AYAH, (seputarkebumen.com)- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kebumen bersama Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Daerah Kabupaten Kebumen melaksanakan rukyatul hilal di Pos  Observasi Bulan (POB) Pantai Pedalen Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen (posisi 7 43’ 54” LS 109 23’ 27” BT), Minggu (10/03/2024). Ini dlakukan untuk menentukan awal Ramadhan 1445 Hijriyah.

Hadir pada Rukyatul Hilal tersebut, Kepala Kankemenag Kebumen yang diwakili Kasubbag TU Makruf Widodo, Kasi Bimas Islam Salim Wady, dan jajaran forkompimda . Selain itu juga turut hadir pengurus MUI Kebumen, Abdul Kharis, Ketua PCNU Ky. Dawamuddin Masdar, Muhammadiyah dan Ketua LDII Gunardi.

Rukyatul hilal sendiri dilaksanakan menggunakan teleskop refrafktor semi semi – otomatis mulai pukul 17.59 hingga 18.04 WIB. Secara bergantian para tokoh yang hadir melakukan pengamatan hilal, namun tidak ada satupun yang menyatakan berhasil melihat hilal di POB Pedalen tersebut.

Pada saat itu umur Bulan adalah 1,97 jam menurut data hisab haqiqy bittahqiq (hisab kontemporer). Sementara ketinggian nampak (mar’i) Bulan adalah 1 00’ terhitung dari ufuk mar’i (puncak cakram Matahari) ke pusat cakram Bulan. Posisi Bulan ada di sebelah selatan Matahari yakni pada azimuth 264 45’. Sementara Matahari di azimuth 266 01’. Sehingga selisih azimuthnya adalah 1 16’. Bulan diperhitungkan terbenam pada +35 menit pasca ghurub, yakni pada pukul 18:34 WIB. Fase Bulan pada saat itu adalah 0,45 % dengan jarak lengkung Bulan – Matahari atau elongasi sejati (haqiqy) adalah 2 27’. 

 “Saya bersaksi belum melihat hilal,” ujar salah satu pengurus MUI Kebumen Abdul Kharis usai melakukan pengamatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam Salim Wzdy yang juga ketua (BHR) Daerah Kebumen mengatakan apapun hasil dari pengamatan tersebut langsung dilaporkan ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan diteruskan ke Kementerian Agama RI. Hasil pengamatan di POB Pedalen ini menjadi salah satu masukan dalam Sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1445 H Kemenag RI di Jakarta. 

Ia juga menjelaskan bahwa Pos Observasi Bulan Pedalen merupakan satu di antara 134 pos rukyatul hilal tingkat nasional yang terdaftar di Kementerian Agama RI. POB ini juga menjadi satu di antara tiga pos rukyat hilal di Jawa Tengah bagian selatan (selain POB Bela Belu Yogyakarta dan POB Purwokerto). (*)