Perawatan Rutin, Senjata Laras Panjang Sat Samapta Polres Kebumen Dibersihkan



senjata api laras panjang milik SAR Mapta Polres Kebumen saat dilakukan perawatan berkala.(ft SK/IST
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Untuk menjaga performa senjata perawatan berkala perlu dilakukan. Seperti yang dilakukan Sat Samapta pagi ini, seluruh senjata api laras panjang yang ada di gudang senjata dikeluarkan dan dibersihkan satu persatu, Sabtu 9 Maret 2024.

Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, perawatan kepada senjata perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kebersihan serta meningkatkan performa saat digunakan. 

"Perawatan senjata merupakan kegiatan rutin. Senjata dibersihkan lalu diberi minyak untuk menghindari karatan. Dengan tujuan agar senjata awet dan selalu siap digunakan untuk penugasan," jelas AKP Heru. 

Menurut AKP Heru ada beberapa jenis senjata laras panjang yang dibersihkan pada saat itu. 

Senjata-senjata yang dibersihkan biasanya digunakan untuk pengamanan ataupun pengawalan objek vital oleh personel Sat Samapta. 

Kegiatan perawatan ini dipimpin oleh Kanit Dalmas II Sat Samapta Aiptu Cholid Mediana. Menurut Aiptu Cholid, senjata perlu dibongkar total agar seluruh sparepart senjata bisa dijangkau saat perawatan. 

Lalu bagian laras juga dibersihkan dan diberi minyak menggunakan pomstok agar alur bisa dilewati proyektil secara maksimal. 

"Pagi ini kami bersama dengan rekan-rekan Dalmas membersihkan senjata api inventaris Sat Samapta. Kita bersihkan setiap bagian pada senjata sehingga harus dibongkar satu-persatu," kata Aiptu Cholid. 

Menurut Aiptu Cholid, selain rutin latihan menembak, para personel Sat Samapta harus bisa melakukan perawatan dan perbaikan jika mengalami kendala pada senjata api yang digunakan bertugas.(*)