Dilanda Cuaca Ekstrim, PLN Gerak Cepat Pengamanan Jaringan Listrik


Petugas PLN saat mengamankan jaringan listrik.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Cuaca ekstrem kembali melanda dihampir seluruh wilayah di Kebumen dan sekitarnya pada Sabtu (09/03) sejak pukul 10.00 WIB. Turunnya hujan lebat disertai angin kencang, mengakibatkan 11 kecamatan terkena dampaknya.

Cuaca ekstrem tersebut juga mengakibatkan banyak pohon tumbang menimpa jaringan listrik di beberapa kecamatan, diantaranya Kebumen, Ambal, Mirit, Petanahan, Alian, Pejagoan, Karangsambung, Sadang, Padureso, Puring, dan Buayan, sehingga diperlukan evakuasi jaringan listrik dari material gangguan. 

Adanya peristiwa tersebut PLN bergerak cepat melakukan pengamanan kelistrikan dengan menghentikan sementara aliran listrik demi keselamatan pelanggan. Dan juga melakukan serangkaian percepatan pemulihan pasokan listrik. 

Manager PLN ULP Kebumen, Muhdam Azhar mengatakan, ratusan personilnya langsung melakukan percepatan pemulihan pasokan listrik. "Sebanyak 5 dari 9 penyulang telah kami normalkan kembali aliran listriknya pada 59 ribu pelanggan dan sisanya masih dalam upaya evakuasi dan perbaikan, ujarnya Sabtu (09/03/2024).

Muhdam juga menyampaikan bahwa PLN berupaya semaksimal mungkin untuk segera memulihkan pasokan listrik di wilayah terdampak dengan terus berkoordinasi bersama stakeholders terkait. "Beberapa lokasi terpaksa kami hentikan sementara listriknya untuk keamanan warga dan proses evakuasi jaringan listrik. Mohon doanya kepada seluruh masyarakat Kebumen, semoga seluruh petugas kami dapat diberikan kelancaran dan keselamatan dalam recovery kali ini. Semoga dalam beberapa jam kedepan seluruh jaringan dapat segera normal kembali” tuturnya.

Muhdam menghimbau kepada seluruh masyarakat apabila ada kondisi berbahaya seperti pohon tumbang mengenai jaringan listrik PLN untuk tidak panik, tidak melakukan evakuasi/pemotongan pohon sendiri. Segera laporkan kejadian tersebut melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123.(*)