Anggota Komisi IV DPR RI Ir.KRT Darori Wonodipuro Buka Bimtek Rehabilitasi Mangrove di Kebumen


 Komisi IV DPR RI  Dapil VII (Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga) Jawa Tengah, Ir.KRT Darori Wonodipuro, M.M,.IPU didampingi Ketua DPC Gerindra Kebumen Solatun.(ft SK/IST)
PURING, (seputarkebumen.com)- Anggota Komisi IV DPR RI  Dapil VII (Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga) Jawa Tengah, Ir.KRT Darori Wonodipuro, M.M,.IPU, membuka secara resmi Bimbingan Teknis Sosialisasi Rehabilitasi Mangrove, di Balai Pertemuan Joglo Kepek, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Minggu (4/2/2024).

Sosialisasi kegiatan Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove ini diselenggarakan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Republik Indonesia. Dalam kegiatan tersebut memaparkan pengetahuan terkait cara memulihkan ekosistem gambut dan pengembangan tanaman mangrove.

Dalam sambutannya, anggota Komisi IV DPR RI Ir.KRT Darori Wonodipuro di depan peserta yang hadir memberikan pemahaman betapa pentingnya mangrove untuk wilayah pesisir, disamping meningkatkan oksigen secara alami juga dapat mencegah abrasi.

"Tanaman mangrove, selain untuk mencegah terjadinya abrasi, juga dapat menjadi objek wisata jika dikelola dengan baik," katanya

Kata Darori, pulihnya ekosistem mangrove bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan, seperti melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air laut, meningkatkan produksi hasil laut, serta dapat menjadi destinasi ekowisata.

Program rehabilitasi mangrove lanjut Darori, juga bisa membantu meningkatkan potensi perekonomian masyarakat setempat. 

"adanya sumber penghasilan tambahan tersebut merupakan tujuan jangka panjang program rehabilitasi mangrove," lanjut Darori. 

Bahkan lebih berkembang kedepannya dapat menjadi ekowisata. Karena selain secara ekologis juga mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang sehat dibandingkan tanaman lain yang berdampak pada kehidupan manusia.

Namun, politisi senior asal Desa Petanahan ini  mengatakan keberhasilan rehabilitasi hutan mangrove itu juga tergantung pada besarnya dukungan dan keterlibatan semua pihak.

Sehingga Bimtek kali ini sangat penting, menjadi upaya yang terus dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memulihkan ekosistem gambut dan mangrove di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Kebumen.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan (LHKP) Kabupaten Kebumen Drs. Asep Nurdiana pada kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada anggota Komisi IV DPR RI Ir.KRT Darori Wonodipuro, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Republik Indonesia yang terus memberikan perhatian serius kepada Kabupaten Kebumen. 

Asep menyampaikan kegiatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove ini diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang ekosistem gambut dan mangrove yang memiliki fungsi ekologi dan ekonomis bagi masyarakat, sehingga kelangsungan restorasi ini harus terus berlanjut.

Dalam sambutannya Asep menuturkan bahwa kegiatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove sangat penting dalam pelestarian lingkungan. Asistensi dan edukasi yang diberikan kepada pokmas sangat penting untuk respon cepat terhadap penanggulan kebakaran. 

"Harapannya program ini bisa bermanfaat sebesar-besarnya dan bisa berkelanjutan sehingga mampu memberikan dukungan konkrit khususnya kepada Balai PDAS Serayu Opak Progo yang bertugas mengawasi air dari hulu sampai ke hilir meliputi wilayah Jogja, Kebumen, Bantul, Kulonprogo, dan Purworejo," pungkasnya.

Hadir pada Bimbingan Teknis/ Sosialisasi kegiatan BRGM di Kabupaten Kebumen Kepala Sub Kelompok Kerja Evaluasi dan Pelaporan, BRGM Kristina Yuniati, Aristia Danang dari Perwakilan Biro Perencanaan KLHK, Perwakilan dari BPDASHL Serayu Opak Progo dan Perwakilan dari BKSDA Provinsi Jawa Tengah.(*)