Malam Tahun Baru Pandan Kuning Park Petanahan Dibuka untuk Umum

Pintu gerbang Pandan Kuning park Petanahan.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memastikan, pada malam tahun baru Pandan Kuning Park di Petanahan, sudah bisa dibuka untuk umum. Ia menyebut pengerjaan wisata baru telah selesai.

"Malam tahun baru sudah bisa dibuka untuk umum," ujar Bupati di Pendopo Kabumian, Kamis 28 Desember 2023.

Nantinya pada malam tahun baru, di Pandan Kuning Park juga akan dilaksanakan pesta kembang api. Masyarakat yang ingin berlibur di Pandan Kuning Park sudah dikenakan tarif tiketing.

Bupati menuturnya, pihaknya hanya memberikan promo atau tiket gratis untuk 1000 orang yang kemarin ikut berkomentar mengenai Pandan Kuning Park di laman Facebooknya. Kemungkinan opening Pandan Kuning Park pada  tanggal 29 Desember 2023.

"Insya Allah opening  29 Desember, untuk promo kita berikan tiket gratis untuk 1000 orang, yang komen di FB kemarin," terangnya.

Diketahui, Pandan Kuning Park merupakan wisata baru milik Pemkab Kebumen yang didesain layaknya miniatur Ancol. Wisata ini menghadirkan 10 wahana permainan yang menarik.

Loksinya berdampingan dengan kawasan Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Kebumen atau Shrimp Estate yang beberapa waktu lalu diresmikan Presiden Joko Widodo. BUBK sendiri menjadi proyek percontohan nasional.

Adapun wahana di Pandan Kuning Park diantaranya; ada kuda putar, komedi putar, Kolam Sepeda Air, Bom Bom Car, Kolam Kecehan atau kolam tumpah, dan Kereta Ceria. Kemudian tersedia juga cafe, resto, area kantin, panggung perahu dan lain sebagainya.

Untuk harga tiketnya di hari biasa Rp 10 ribu per orang satu wahana. Kalau akhir pekan Rp15 ribu per orang satu wahana. Kemudian ada juga paket tiket terusan di hari biasa sebesar Rp50 ribu untuk satu orang dan semua wahana. Paket Rp75 ribu di akhir pekan satu orang untuk semua wahana.

Bupati mengatakan, dengan adanya Pandan Kuning Park ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kebumen di sisi selatan. Hal ini didukung dengan upaya Pemkab Kebumen menerapkan konsep KITA (Kebumen Integrated Tourisme Area).

"Pandan Kuning ini nantinya menjadi icon dari wisata Kebumen yang terintegrasi dengan wisata-wisata lain di sisi selatan. Untuk pengembangan wisata, Pemerintah Daerah memiliki konsep KITA yang mengintegrasikan satu wisata dengan wisata yang lain," terangnya.

Bupati menuturkan, Pandan Kuning Park menjadi tempat wisata strategis karena berdekatan dengan jalur jalan nasional pantai selatan yang menyambung sampai Yogyakarta. Bahkan jarak antara Bandara YIA Yogyakarta ke lokasi hanya sekitar satu jam dengan track lurus layaknya jalan tol. Pembangunan saat ini akan diteruskan di tahun berikutnya.

"Pandan Kuning Park sementara kita bangun di atas lahan dengan luas tiga hektar, dan bakal dilanjutkan pengembangannya di 2024. Pada awal tahun Insya Allah masyarakat sudah bisa menikmati wahana ini," terangnya.(*)