Apel Dalmas Power on Hand Kapolda Jateng, Polisi Siap Digerakkan 1x 24 Jam saat Mendadak Dibutuhkan


Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin apel personel Dalmas Power on Hand Kapolda Jateng di halaman Mapolres.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebanyak 141 personel Polres Kebumen mengikuti apel personel Dalmas Power on Hand Kapolda Jateng di halaman Mapolres Kebumen, Senin 23 Oktober 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin apel mengungkapkan, personel yang terlibat apel merupakan personel yang siap digerakkan 1x24 jam jika mendadak dibutuhkan.

"Power on hand, merupakan kekuatan yang bisa digerakkan, sesuai dengan ketentuannya serta sesuai perkembangan situasi yang ada oleh pimpinan," jelas AKBP Burhanuddin. 

Para personel Dalmas power on hand Kapolda Jateng di Polres Kebumen merupakan gabungan personel dari tiap-tiap bagian, satuan, seksi, hingga personel Polsek jajaran. 

Melalui apel itu, personel power on hand dilakukan pengecekan oleh Kapolres Kebumen. Selanjutnya pengecekan sarana prasarana pendukung yang terdiri dari kendaraan, hingga peralatan pengendalian massa juga dilakukan oleh Kapolres Kebumen. 

"Perkembangan situasi, kita tidak bisa mengetahui secara pasti. Sehingga kita membentuk pasukan power hand yang bisa digerakkan sewaktu-waktu. Yang bisa menggerakkan adalah pimpinan," ujar Kapolres. 

Personel yang dilibatkan sebagai pasukan power on hand memiliki kriteria dan pelatihan khusus. Diantaranya harus siap diri, siap fisik, siap ketrampilan, serta siap peralatan.

Setelah melakukan pengecekan personel, Kapolres Kebumen melakukan pengecekan sarana prasarana pendukung. Apalagi saat ini Polres Kebumen tengah menggelar Operasi Mantap Brata tahapan pemilu 2023-2024.

Sehingga sarana dan prasarana pendukung pengamanan harus benar-benar dalam kondisi siap digunakan kapanpun.(*)