Peringatan HUT RI dan Jalin Kerukunan, Warga Desa Krakal Laksanakan Jalan Sehat


Acara pembagian hadiah jalan sehat  Besar Warga Masyarakat RW 04 Desa Krakal, Kecamatan Alian.(ft SK/ist)
ALIAN, (seputarkebumen.com)- Keluarga Besar Warga Masyarakat RW 04 Desa Krakal, Kecamatan Alian melaksanakan kegiatan Jalan Sehat Kerukunan Keluarga Besar RW 04 Desa Dalam rangka HUT RI ke 78. Jalan Sehat dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2023. Start dimulai dari utara pasar indrakila desa krakal sampai, polsek alian, dan finish kembali di pasar indrakila desa krakal, kecamatan alian.

Jalan Sehat Kerukunan Keluarga Besar Warga RW 04 Desa Krakal ini, gelar jalan sehat bagi seluruh warga RW 04 Desa Krakal, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Guna menarik minat peserta panitia juga menyiapkan ratusan doorprize yang akan dibagikan sesuai undian.

Dengan mengenakan pernak-pernik kostum yang menarik, seperti karakter shoun the sheep, pakaian adat hingga gaun daur ulang sampah menambah suasana semakin meriah. Tak hanya itu, kesenian tradisional juga dipentaskan dalam kesempatan tersebut.

M. Amin Fitriyadi selaku ketua pemuda rw 4 desa krakal menyampaikan, jalan sehat ini menempuh jarak sekitar 7 kilometer menyusuri jalan desa setempat. Terselengaranya kegiatan ini berkat kerjasama antara mahasiswa KKN IAINU Alian, tokoh elemen masyarakat di rw desa krakal 4 dan dengan para pemuda desa di rw 4 desa krakal. 

“Kegiatan ini adalah jalan sehat kerukunan warga yang dimana juga ada aksi tanda tangan guyub rukun yang di tanda tangani oleh Kepala Desa Krakal, ketua pemuda RW 04 Desa Krakal, kadus krakal, serta seluruh ketua RT di RW 4” Ujarnya.

Sejalan dengan tema “Jaga Kerukunan, Jaga Seduluran”, M. Amin Fitriyadi menuturkan kegiatan ini merupakan suatu wujud kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan jaga menjaga persatuan, kekompakan, dan solidaritas.

Menurutnya, acara ini bertujuan untuk membangun kerukunan antar warga khususnya di RW 04 Desa Krakal, selain itu juga guna mengajak masyarakat hidup sehat dengan berolahraga Jalan sehat, harapan kami kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses, melihat warga yang menghadiri dan mengikuti kegiatan ini sebanyak 300 orang lebih karena ini sifatnya adalah baru pertama kali dilaksanakan kegiatan jalan sehat lingkup RW. 04 Desa Krakal, Kecamatan Alian. 

Sementara itu, Kepala Desa Krakal Bapak Agus Parwidi dalam sambutannya menyampaikan sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini, harapannya kerukunan antar warga khususnya di RW 04 Desa Krakal terus terjaga dengan baik dan harmonis supaya tercipta lingkungan yang tenang dan aman serta penuh dengan kasih sayang.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga dapat dilaksanakan dengan baik. Pesan saya untuk seluruh warga semakin guyub rukun, apabila terjadi kesalahpahaman dan perselisihan harus dicari solusinya secara baik dan budayakan tabayun dalam hal apapun, sebelum menebak atau menduka dan diakhiri dengan musyawarah bersama.” Jelasnya.(*)