Perhatian ! Ini dia Rekayasa Lalu-lintas saat Karnaval di Kebumen


Rekayasa lalu lintas saat karnaval HUT RI ke 78 dan hari jadi Kebumen.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Karnaval dalam rangka HUT RI ke 78 dan Hari Jadi Kebumen ke 394, salah satu momen paling ditunggu warga masyarakat Kebumen. Masyarakat perlu mengetahui rute karnaval yang sedianya akan digelar Pemkab Kebumen pada hari Minggu 20 Agustus 2023 tersebut. 

Sehingga masyarakat yang ingin melihat pertunjukan karnaval bisa memilih spot terbaik selama gelaran untuk menyaksikan. 

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono, rute jalur karnaval tahun ini sedikit berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Sehingga Polres Kebumen memberlakukan rekayasa lalu-lintas agar pelaksanaan karnaval bisa lebih maksimal. 

"Sebelumnya kami meminta maaf kepada warga karena perjalanan sedikit terganggu. Kita akan berlakukan rekayasa lalu-lintas, dengan menutup sebagian jalur persimpangan terutama yang akan menuju jalur karnaval. Nanti kita alihkan melalui jalur lain, sehingga jalur karnaval khusus untuk warga yang sengaja ingin menyaksikan saja," jelas AKP Tejo, Sabtu 19 Agustus 2023.

Rekayasa lalu-lintas rencana mulai diberlakukan sekitar pukul 12.00 WIB hingga acara karnaval selesai.

AKP Tejo menjelaskan, karnaval akan diberangkatkan dari Stadion Candradimuka Kebumen lalu ke arah barat melalui Jalan Arumbinang, belok ke arah selatan melalui Jalan Kusuma hingga bundaran Tugu Lawet Kebumen. 

Dari Tugu Lawet, karnaval berjalan ke arah barat di sepanjang Jalan Soekarno Hatta Kebumen, Jalan Merdeka, melalui depan Masjid Agung Kebumen, lalu ke arah timur melalui depan Pendopo Kabumian dan finish di Jalan M Soetoyo. 

Lanjut AKP Tejo, masyarakat yang ingin melintas Kebumen, selama berlangsung karnaval diimbau untuk memilih jalur lain. Selanjutnya kepada masyarakat yang ingin menyaksikan karnaval diharapkan menggunakan sepeda motor dan memarkirkan di tempat yang aman.

"Prediksi kami, kota akan sangat ramai. Warga yang mau menyaksikan baiknya menggunakan sepeda motor, dan memarkirkan di tempat yang aman," pungkasnya. 

Selanjutnya Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, Polres Kebumen akan menerjunkan 152 personel untuk mengawal dan mengamankan jalannya kegiatan karnaval. 

Meski diterjunkan personel pengamanan, AKP Heru berpesan kepada masyarakat agar tidak mengenakan perhiasan mencolok saat menyaksikan karnaval agar tidak mengundang perhatian pelaku kejahatan. 

"Akan kita tempatkan personel untuk mengamankan jalannya kegiatan karnaval. Namun kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengenakan perhiasan mencolok, ataupun barang berharga lainnya untuk alasan keamanan bersama," pungkasnya.(*)