Perguruan Beladiri BKC Cabang Kebumen Sukses Gelar Kejurdo 2023


Ajang kejurdo bkc di Aula Kecamatan Adimulyo Kebumen.(ft SK/ist)
ADIMULYO, (seputarkebumen.com)- Dalam rangka membangkitkan semangat berprestasi Karateka, Perguruan Beladiri Bandung Karate Club ( BKC ) cabang kebumen menggelar kejuaraan antar dojo (kejurdo) tahun 2023.

Ratusan karateka dari berbagai dojo atau tempat latihan yang ada di wilayah Kabupaten kebumen mengikuti kejurdo bkc di Aula Kecamatan Adimulyo Kebumen selama 2 hari Sabtu dan Minggu 15-16 Juli 2023.

Acara berlangsung semarak dibuka dengan berbagai penampilan dari para atlet karate. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT perguruan BKC yg ke 57.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua KONI kabupten Kebumen Sriyanto, jajaran Forkpomcam, Kestafpel BKC Kebumen Sarengat, Ketua Forki, Ketua Umum BKC Kebumen, dan para tamu ndangan.

Ketua Umum BKC Cabang kebumen, Mano Wibowo menuturkan pertandingan ini adalah Kejuaraan Antar Dojo dari internal perguruan BKC Kebumen yang rencananya akan digelar setiap dua tahun sekali. Dimana kejurdo ini merupakan yang pertama kali digelar, selama 24 tahun atau sejak BKC Cabang Kebumen didirikan.

Menurutnya, selama ini BKC Cabang Kebumen dari awal berdiri hingga kini sudah banyak mencetak atlet Karate, mulai dari tingkat internal BKC sendiri, Kejuaraan Open hingga ke tingkat internasional. Kejuaraan antar Dojo yang digelar saat ini adalah untuk mengembangkan kemampuan para atlet, sehingga mereka bisa meraih juara pada pertandingan selanjutnya.

” Kejuaraan ini digelar sekaligus dalam rangka ulang tahun BKC yang ke 57, dan ini yang pertama digelar di BKC Kebumen setelah 24 tahun berdiri, yang harapannya karateka Kebumen bisa semakin berkembang dan siap untuk Kejuaraan Kejuaraan selanjutnya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Kejuaraan Antar Dojo BKC Kebumen Sugeng Riyanto mengatakan kejuaraan ini diikuti oleh 175 atlet karate dari 15 Dojo yang tergabung dalam BKC di Kabupaten Kebumen. Kedepan diharapkan adanya pertandingan ini bisa untuk mensukseskan program BKC pusat untuk mengadakan event menuju jenjang yang lebih tinggi, yakni persiapan kejurnas di jakarta.

Setali tiga uang, pertandingan ini untuk mempersiapkan para atlet menuju ke pertandingan Federasi Olahraga Karete-Do Indonesia (Forki) antar pelajar yang sebentar lagi akan di gelar di Kabupaten Kebumen. Selain itu, juga sebagai persiapan di Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) tahun 2024 dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pada tahun 2024.

“Kejuaraan antar Dojo ini digelar selama dua hari dari tanggal 15-16 Juli 2023, untuk peserta keseluruhan ada 175 atlet, dan kelas yang di pertandingkan dari usia dini sampai dengan SMA, sedangkan kategorinya festival dan prestasi, ini sekaligus untuk mempersiapkan para atlet di Kekuatan yang lebih bergengsi,” ucapnya.

Javier Anugrah Onggowinoto (18) siswa SMA N 1 Kebumen yang menjadi atlet Karateka BKC yang mengaku berlatih Karate sejak kelas 3 SD, dan telah meraih kemenangan di beberapa Kejuaraan, mulai dari provinsi, dulongmas, dan Kejuaraan Nasional hingga internasional virtual.

Menurutnya, kerasnya dalam berlatih menjadi kunci dalam kemenangan setiap pertandingan. Ia juga mengaku sangat bangga dengan adanya pertandingan Kejudo BKC Kebumen, agar kedepan banyak atlet Karate yang bisa ikut dalam berbagai macam Kejuaraan.

” Kalo prestasi tertinggi sampai ke tingkat internasional, dan beberapa pertandingan lain, kuncinya adalah terus berlatih,” tegasnya.(*)