BPC HIPMI Kebumen Gelar Seminar Tips Cara Sukses Bisnis di Era Digital

HIPMI Kebumen saat menggelar Seminar di Trio Azana Style Hotel.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen com)- Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kebumen kembali melaksanakan program kerja yang telah disusun dan terencana. Untuk kali ini, program kerja diwujudkan dalam bentuk kegiatan bartajuk Seminar atau KOMI atau Komunitas Online Marketing Indonesia.

Seminar berlangsung di Trio Azana Style Hotel Kebumen, Minggu 17 Juli 2022. Kegiatan menghadirkan narasumber Coach Sony CRM Mastery Trainer dari Semarang dan Ketua BPC HIPMI Kebumen Herwin Kunadi yang merupakan pengusaha muda sukses asal Gombong.

Hadir Sekretaris DPMTSP Kebumen Wahyu Siswanti, SE, M.Si, Sekretaris Umum HIPMI Jenu Arifiadi,SH, dan Bendahara HM Tursino SE, serta anggota lainya. Seminar diikuti ratusan peserta dari berbagai Kabupaten Jawa tengah.

Dalam kesempatan itu, Herwin Kunadi menjelaskan, seminar ini merupakan bagian program kerja HIPMI Kebumen, untuk mendukung pembangunan dibidang pemulihan ekonomi masyarakat khususnya pasca pandemi covid 19. Salah satunya melalui berbagi tips bisnis sukses di era tekonologi seperti sekarang ini.

Herwin menyebutkan melalui program ini, HIPMI bersama narasumber yang kompeten, hadir memberikan resep bagaimana cara mengelola bisnis dan pemasaran yang baik berbasis digital. Ini mulai dari cara sukses berbisnis di media online, cara mudah mencari pelanggan tanpa ribet, tanpa beriklan bisnis tetap laris dan belajar WA marketing di era 5.0.


Selain itu, peserta juga diberikan cara memilih produk yang berpotensi laris di pasar, menghemat biaya iklan hasil maksimal, melihat kebutuhan pasar export dan import, menganalisa potensi export dan import hingga belajar langsung dengan praktisi dan pelaku bisnis.

‘’ Program ini merupkan bagian dari pemberdayaan bisnis mikro, menengah dan besar. Banyak materi yang kami berikan kepada peserta di sini. Terutama mengenai pemamfaatan teknologi yang baik agar bisnis bisa sukses,’’terang Herwin.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kebumen Wahyu Siswanti menyambut baik dan berharap seminar ini dapat menumbuh kembangkan ekonomi khususnya para pelaku usaha di Kebumen. Terlebih ia melihat pasca pandemi ini semangat geliat pengusaha mula tumbuh dan bergeliat.

‘’ Saya melihat pasca pandemi menuju endemi geliat pengusaha sudah mulai tumbuh. Untuk itu, saya memberikan apresiasi sekali kegiatan ini. termasuk dengan materi marketing digital ini sangat penting di pahami para pelaku usaha agar memudahkan mereka dalam berbisnis. Semoga bisa meningkatkan usaha mereka,’’ujar Wahyu.

 Disisi lain, Wahyu juga menyampaikan, bahwa untuk memulai usaha saat ini juga harus memiliki kartu atau Nomor Induk Berusaha. Ini bisa diakses melalui DPMTSP Kebumen, baik offline maupun secara online.

’ Perlu dekatahui, bagi masyarakat yang ingin memulai usaha, sebaiknya memiliki kartu atau Nomor Induk Berusaha. Kami DPMPTSP siap memberikan layanan baik datang ke kantor kami atau secara online. Layanannya cukup mudah dan simple. Termasuk kita juga siap memberikan pendampingan,’’imbuhnya.(*)