Biaya Kesehatan tidak Perlu Pusing Lagi Karena Ada Program JKN

Peserta JKN Lukman Nurwahid.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebagai peserta Program Jaminana Kesehatan Nasional (JKN), Lukman Nurwahid (31) merasa lega telah terjamin kesehatannya. Ia mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan perihal biaya kesehatan ketika sakit karena telah terdaftar program ini. 

Laki-laki yang bekerja sebagai pegawai swasta di Kebumen ini menyampaikan Program JKN adalah program yang sangat penting untuk kita ikuti. Selain penting untuk terdaftar sebagai peserta, penting juga untuk menjaga keaktifan kartunya dengan rutin membayarkan iuran. 

Terbukti Lukman bisa memanfaatkan Program JKN ketika dirinya mendapati sakit. Kala itu ia mengalami gatal-gatal di sekujur tubuhnya disertai menggigil. Ia pun beranjak ke puskemas untuk mendapat pertolongan pertama. 

“Dari puskesmas saya mendapat rujukan ke RSUD Dr Soedirman Kebumen. Setelah diperiksa oleh dokter saya mendapat obat dan vitamin untuk dikonsumsi selama beberapa hari. Alhamdulillah cocok,”ungkapnya (22/07). 

Diakuinya meskipun tergolong sakit ringan, Lukman sangat bersyukur bisa mendapat penanganan pengobatan yang memadai berkat Program JKN. Dia bisa pulang membawa obat dan vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuhnya tanpa harus mengeluarkan sepeserpun biaya. 

“Kita ga tau sampai kapan kita akan sehat terus. Kalau sakit berat tanpa Program JKN tentu akan menambah beban pikiran. Sudah sakit masih harus memusingkan perihal biaya pula,”tandasnya. 

Oleh karena itu ia memastikan seluruh keluarganya telah terdaftar dan aktif sebagai peserta Program JKN. Ia tidak ingin jika suatu hari keluarganya sakit tapi tidak memiliki perlindungan jaminan kesehatan. 

“Saya harap saya dan keluarga senantiasa diberikan rahmat kesehatan. Kami pun berupaya menjaga pola hidup sehat dengan menyempatkan berolahraga setiap minggunya, meskipun hanya melakukan olahraga ringan di rumah. Selain itu kami juga berusaha mengkonsumsi makanan sehat seperi sayur dan buah,”kata Lukman. 

Terakhir ia berharap Program JKN dengan semboyannya “dengan gotong royong semua tertolong” bisa memperluas jangkauan manfaat program ini. Karena menurutnya dengan semangat saling tolong menolonglah Program JKN ini bisa berkesinambungan. Peserta yang sehat membantu yang sakit. Begitu seterusnya sehingga program ini bisa memberikan manfaat jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.(*)