PT BPR BKK Kebumen Promosikan Produk UMKM Binaan di Stand KIE


Stand PT BPR BKK Kebumen di ajang KIE.(foto SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Gelaran Kebumen international Expo, sepertinya menjadi event kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid 19. Termasuk bentuk sinergi antara UMKM dan juga dunia Perbankan.

Seperti halnya BPR BKK Kebumen yang turutmempromosikan produk UMKM dari nasabah binaan. Tak kurang dari 8 jenis produk UMKM binaan dipasarkan di stand BPR BKK Kebumen di Kelas VIP.

Direktur PT BPR BKK Kebumen Sutrisno melalui Kepala Bidang Dana, Riyadi mengatakan Stand ini sebagai bentuk kolaborasi pelaku usaha UMKM dengan perbankan. Dengan begitu diharapkan UMKM bisa semakin dikenal dan meningkatkan ekonomi masyarakat, terlebih pasca pandemi covid 19.

" Selain menawarkan atau mensosialisasikan produk kami BKK Kebumen kita juga berkolaborasi dengan UMKM binaan kami. Setidaknya ada 8 UMKM yang kami beri kesempatan untuk bergabung di stand kami," Ucapnya. saat ditemui Selasa, 28 Juni 2022

Menurutnya, hadirnya produk UMKM di Stand BPR BKK Kebumen ini cukup baik. Terbukti, dihari pertama produk telor asin dari UMKM binaan kantor Cabang Kutowinangun ludes diserbu pengunjung KIE. 

Riyadi menyebutkan dalam 8 hari, produk UMKM yang ditawarkan di stand BPR BKK Kebumen akan bergantian. Seperti produk batik, emping maupun yang lainnya, akan ada di stand BPR BKK Kebumen. 

" Hari pertama ada binaan cabang Kutowinangun dari telor asin baru dari Kutowinangun itu Alhamdulillah satu hari habis, 300 butir ludes dalam satu hari, kemudian hari kedua hadir juga untuk batik tanuraksan yang asli Kebumen ini binaan dari kantor Pusat Operasional, hari ketiga kita menggandeng UMKM dari cabang ambal ada emping mendemnya varian varian emping yang mentah maupun mateng kami siapkan disini," Jelasnya. 

Selain untuk mensukseskan program dari Pemerintah Kabupaten Kebumen, lanjut Riyadi, hadirnya BPR BKK Kebumen di KIE diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat. Terlebih banyak produk kredit yang ditawarkan bagi para pengusaha kecil dan menengah di Kabupaten Kebumen. 

" Banyak produk kami dari pembiayaan kredit misalkan itu ada kredit pegawai kredit umum UMKM juga ada KMB dan Kompak kita berikan kepada pengusaha kecil dan menengah, pedagang pasar yang mungkin bunganya sangat murah sih disitu ada 9 persen satu tahun atau 0,75 persen satu bulan, ada juga kredit air jamas, kredit nelayan kita tawarkan juga kepada nasabah kita sosialisasikan di acara pameran ini," Ujarnya. 

Disisi lain pihaknya juga berharap masyarakat Kebumen tahu tentang produk produk yang ditawarkan. Untuk itu, sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan Dunia Perbankan perlu dijalin dengan baik untuk memajukan perekonomian di Kebumen. 

" Harapannya masyarakat Kebumen tahu tentang produk produk kami dan masyarakat juga tahu untuk perekonomian harus bersinergi antara masyarakat pemerintah dan lembaga keuangan UMKM dan lain lain," Pungkasnya.(*)