Asiknya Berwisata Menyusuri Pantai Setrojenar Dengan Naik Sapi


Pengunjung pantai wisata  Setrojenar Buluspesantren, Kebumen  menunggang sapi menyusuri tepian pantai. (Ft sk/ist)

BULUSPESANTREN, (seputarkebumen.com)- Komunitas peternak sapi PO Kebumen mengajak pengunjung pantai wisata Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen sambil menunggang sapi menyusuri tepian pantai. Dengan suasana hamparan pasir dan deburan ombak menambah eksotisya pantai Setrojenar yang teduh.


Belasan sapi tunggang jenis pranakan ongole(PO) Kebumen dari komunitas sapi tunggang kebumen yang sudah jinak. Bahkan sapi-sapi tersebut bisa di naiki sambil menyusuri indahnya pantai Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesnatren, Kabupaten Kebumen dan ternyata tak sedikit dari para pengunjung yang ingin mencoba menunggang sapi tersebut baik hanya untuk sebatas berfoto ria, adanya juga yang berkeliling tepian pantai sambil menunggang sapi. 


Koordinator sapi tunggang Sarwono megatakan,  kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap 40 hari sekali, para  anggota komunitas sapi tunggang PO(pranakan ongole) kebumen untuk berkumpul. Dari 40  anggotanya, pada kesempatan ini hanya ada 18 ekor sapi yang bisa hadir, sebagai orang kebumen dirinya berharap even ini sekaligus untuk meningkatkan kualitas sapi PO agar lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Sehingga kedepannya harganya pun akan lebih bagus.

Selain itu, bagi para penonton yang ingin berphoto juga dipersilahkan. Bahkan bagi pengunjung wisata pantai setrojenar ini ingin menunggang sapi sambil menyusuri pantai juga dilayani dengan tetap dijaga keselamannya oleh tim yang sudah professional.


Sementara itu, salah satu peternak sapi dari wilayah mirit Suryono menyampaikan, untuk menyiapkan anakan sapi yang jinak dan siap untuk ditunggangi butuh waktu sekitar 18 bulan sampai 2 tahun. 

Fani (27 tahun) Seorang pengunjung yang mencoba naik sapi tunggang tersebut mengaku, awalnya takut bahkan dirinya pernah jatuh dari punggung sapi. Namun kali ini merupakan yang ke empat kalinya dirinya menunggang sapi jadi sudah tidak canggung lagi 

"Ternyata naik sapi nyaman juga apalgi sambil menikmati pemanfangan pantai setrojenar yang indah,pokoknya tidak salah klo berwisata dipantai ini,dijamin puas" . Pungkasnya(*)