Pelajar Kebumen Raih Prestasi di Ajang Festival Tunas Bahasa Ibu se Jateng


Penyerahan piagam penghargaan pada Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Jawa Tengah di Hotel Lor In Solo (foto sk/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Prestasi membanggakan diraih oleh  siswi asal Kebumen pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah di hotel Lor In Solo 20/11/2021.

Kebumen mendapatkan prestasi yang sangat membanggakan dimana dari cabang Nulis Geguritan putra meraih Juara ke-2 atas nama Zulfi Bakhtiar siswa kelas IX dan Nabila Ajeng Indriana kelas IX yang keduanya berasal dari SMP N 1 Ambal, sedangkan untuk cabang mendongeng tingkat SD atas nama Annayla Riandra Adhysha P.  meraih juara Harapan III dari SD N 4 Kutosari.


Menurut Eko Wahyudi selaku ketua MGMP Bahasa Jawa di Kebumen sekaligus guru Bahasa Jawa di SMP N 1 Karangsambung menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya memartabatkan Dan melestarikan bahasa daerah khususnya bahasa Jawa. Wujudnya apresiasi dalam bentuk kompetisi kemampuan berpidato, menulis dan membaca geguritan, membaca dan menulis aksara Jawa, dan dongeng.


Drs.Asep Nurdiana.M.Si selaku kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen juga merasa bangga karena masih banyak generasi muda kebumen yang mencintai bahasa dan budaya jawa.


Dra.Murilah,S.Pd kepala SMP N 1 Ambal didampingi Guru bahasa jawa Hardi Nugroho menyampaikan apresiasi yg tinggi atas prestasi anak2. Dan menjadi panutan generasi muda untuk mencintai, melestsrikan bahasa ibu yakni bahasa jawa.


"Semoga prestasi ini membuat siswa siswi di Kebumen semakin mencintai bahasa jawa sekaligus nguri-uri dan melestarikan bahasa daerah yang semakin hari semakin terkikis dengan perkembangan jaman."Pungkas Hardi.(*)