Warga Desa Sidomukti Ambal Inisiasi Penerangan Jalan

Pemasangan PJU sumbangan warga di Desa Sidomukti, Kecamatan Ambal

AMBAL, (seputarkebumen.com)-
Astajib (45) seorang warga Desa Sidomukti, Kecamatan Ambal menyumbangkan instalasi penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 20 titik.

Aksi sosial ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan sebagai upaya antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Astajib yang juga Pimpinan Jamaah Pengajian Al Basit rela mengeluarkan kocek tidak sedikit dari saku pribadinya demi keamanan dan kenyamanan bersama.

"Suasana jalan yang gelap pada waktu malam, tentu menimbulkan Kamtibmas. Maka saya ingin mencoba membantu kelancaran akses lalu lintas warga khususnya pada malam hari," jelasnya, Kamis (14/10/2021).

Dilokasi, tampak sejumlah warga tengah merangkai instalasi sekaligus memasang tiang lampu dengan tinggi sekitar 4 meter. Ada pula sebagian PJU yang terpasang di pohon depan rumah milik warga. Satu buah PJU sendiri terpasang lampu sebesar 15 watt.

Disebutkan, dirinya membantu baik dari material atau bahan baku hingga pemasangan instalasi PJU yang tersebar di tiga ruas jalan Desa Sidomukti. Tidak hanya itu, ia juga akan menaggung biaya tagihan bulanan listrik PJU yang telah terpasang.

"Untuk sementara memang ada sebagian ambil dari rumah yang terpasang lampu karena meteran listrik mencakupi seluruhnya, sembari dipasang sekarang ini kami mengajukan meteran untuk KWH listrik sosial," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Astajib, upaya ini tak lain ingin memberikan kontribusi terhadap desa agar penerangan jalan memadai.

"Saya sendiri merasakan kalau malam hari jalan gelap, harapannya desa bisa semakin maju dengan langkah kecil ini," tuturnya. (hfd)