Kader Satria Gerindra Kebumen Bakal Digembleng Jadi Paralegal

Kader Satria Gerindra Kebumen mendengarkan dengan seksama Pendidikan Politik Sayap Partai DPC Gerindra Kebumen, Minggu (3/10/2021). SK/ist

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)-
Jajaran DPC Partai Gerindra Kebumen mengagendakan kegiatan pelatihan paralegal untuk memberikan layanan hukum bagi masyarakat. Kegiatan ini ditujukan bagi kader partai yang tergabung dalam Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria).

Rencananya, pelatihan paralegal akan didukung oleh LKBH Garuda Yaksa bersama sejumlah pihak yang merupakan mitra Partai Gerindra Kebumen. Adapun kegiatan akan berlangsung selama 2-3 hari pada bulan depan.

Ketua DPC Partai Gerindra Kebumen, Agung Prabowo menyampaikan, pelatihan paralegal sebagai bagian upaya perluasan akses keadilan kepada kelompok rentan dan marginal di tengah masyarakat Kabupaten Kebumen. 

"Kami mohon rekan-rekan bisa mengikuti program pendampingan bagi masyarakat yang terkena permasalahan hukum. Rencana awal ini tentu kita sharing dan saling mengenal untuk saling menguatkan," katanya, saat mengisi Pendidikan Politik Sayap Partai DPC Gerindara Kebumen, Minggu (3/10/2021).

Oleh karenanya, selain mendapatkan keahlian skil, para calon paralegal baru juga diharapkan mampu menyerap pengetahuan mengenai perspektif bantuan hukum struktural, gender struktural dan pendidikan hukum klinis.

"Banyak yang bisa diambil apa yang ditransfer dari narasumber lewat pelatihan paralegal ini," imbuhnya.

Seperti diketahui, pengertian paralegal merupakan setiap orang yang berasal dari komunitas, masyarakat, atau pemberi bantuan hukum yang telah mengikuti pelatihan paralegal. Posisi paralegal ini tidak berprofesi sebagai advokat, dan tidak secara mandiri mendampingi penerima bantuan hukum di pengadilan.

Lebih lanjut, Agung menaruh harapan keberadaan paralegal ini nantinya sebagai pemberi bantuan hukum yang memiliki peran penting perpanjangan tangan dalam memberikan layanan bantuan hukum kepada masyarakat miskin dan rentan.

"Kami membutuhkan calon-calon paralegal dari rekan Satria maupun yang lain yang kemungkinan dilaksanakan di bulan depan," terang Agung yang juga Wakil Ketua Satria DPD Provinsi Jawa Tengah.

Terpisah, Ketua LKBH Garuda Yaksa Kebumen Aksin SH menjelaskan, adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini seputar memahami keadilan sosial, akses keadilan, pendidikan hukum klinis, konsultasi hukum, serta penyuluhan hukum di lingkup komunitas. Materi tersebut dinilai cukup relevan dan berkaitan erat dengan peran paralegal dalam memberikan layanan bantuan hukum kepada masyarakat.

"Ada pola tertentu yang bisa diterapkan, minimal mereka para calon paralegal bisa menyerap dan memahami akses keadilan untuk masyarakat. Syukur bisa  memiliki ruang gerak berkaitan dengan penyuluhan hukum," bebernya.

Kedepan, kata Aksin, paralegal juga dituntut untuk memiliki kemampuan melakukan penguatan masyarakat dalam memperjuangkan hak asasi manusia dan hak lain yang dilindungi oleh hukum serta keterampilan mengadvokasi masyarakat berupa pembelaan dan dukungan terhadap masyarakat.

"Keberadaan paralegal sangat dinanti oleh masyarakat yang tersandung kasus hukum. Mereka dituntut untuk menjawab persoalan itu agar jangan sampai hak rakyat tersandera karena tidak ada yang mengedukasi," ungakpnya.

Sementraa, Ketua Satria DPC Gerindra Kebumen Priyo Agus Kurniawan menyampaikan, selain pelatihan paralegal pihaknya juga tengah menyiapkan program baik jangka menengah maupun jangka panjang seperti pelatihan tanggap bencana.

"Kami sudah menyiapkan sesuatu, program kita adalah pelatihan dasar ilmu hukum agar mengerti hukum dan siap untuk berbagai situasi. Tak hanya itu akan ada juga pelatihan relawan kebencanaan," kata Priyo.

Ia menegaskan, bahwa program yang sudah masuk dalam rencana kerja memiliki konsep kerakyatan. Ini dilakukan tak lain sebagai bentuk tanggungjawab partai untuk berbuat kepada kepentingan masyarakat.

"Kita akan berbaur serta menjalankan fungsi dan tugas yang berorientasi kepada masyarakat termasuk membantu pendampingan hukum juga kerja sosial lain," pungkasnya. (hfd)