Menuju 100% Vaksinasi, 1000 Warga Desa Gumawang Disuntik Vaksin Covid 19


KUWARASAN, (seputarkebumen.com)- Sedikitnya 1000 warga Desa Gumawang Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen  disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Vaksinasi digelar di kantor desa setempat, Selasa (28/9/2021). Warga cukup antusias mengikuti vaksin jenis Sinovac.


Kepala Desa Gumawan, Triyono mengatakan, pihaknya menargetkan pada akhir tahun ini masyarakat di desanya yang mengikuti vaksinasi sudah mencapai 100 persen. Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi untuk ini digelar terpusat di kantor Desa Gunawang dengan melibatkan personil TNI Polri, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas Kuwarasan.


"Saat ini baru dosis pertama capaianya sekitar 70 persen, ujarnya, saat ditemui pada kegiatan vaksinasi,


Ia mengatakan, vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah desa bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh warganya agar terhindar dari penularan virus Covid-19.


"Kami mengimbau kepada masyarakat agar dapat mengikuti vaksinasi, karena untuk keperluan mengurus dokumen administrasi saat ini membutuhkan sertifikasi vaksinasi," ungkapnya.


Sementara itu, Camat Kuwarasan Nurdin Santoso, mengatakan pihaknya terus menggencarkan sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat. Bahkan dirinya harus door to door mengedukasi masyarakat yang masih engan untuk mengikuti vaksin. Hal itu dikarenakan  dari 22 desa se Kecamatan Kuwarasan belum ada desa yang 100 persen masyarakatnya tervaksin.


"Penyerapan vaksinasi di Kuwarsan belum ada yang 100 persen, maka kami door to door mengajak masyarakat untuk tidak takut vaksin," Nurdin yang belum genap satu bulan memimpin Kecamatan Kuwarasan didampingi seksi pengendalian dan pencegahan penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, Istiyadi 


Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Kuwaradan, dr Sumarto mengatakan saat ini masyarakat di Kacamatan Kuwarasan baru sekitar 20 persen tervaksin dari 22 desa. Namun ada satu desa sudah mencapai 91 persen dalam vaksinasi.


"Kalau secara keseluruhan di Kecamaran Kuwarasan vaksinasi baru sekitar 20 persen, namun ada satu desa yakni Desa Serut sudah mencapai 81 persen warganya yang tervaksin," ujarnya.


Selain itu, di Kecamatan Kuwarasan vaksinasi tahap 1 telah menyasar sebanyak 200 penyandang disabilitas. Dan 30 disabilitas telah mengikuti vaksin dosis kedua. (*)