Warga Ayah Apresiasi Pro Aktif Anggota DPRD Kebumen Fraksi PKB


AYAH, (seputarkebumen.com)- Sejumlah warga Kecamatan Ayah mengapresiasi peran aktif anggota DPRD Kebumen Fraksi PKB, H Saman Halim Nurrohman dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

Hal tersebut diungkapkan saat penjaringan aspirasi masyarakat atau Reses DPRD Kebumen yang berlangsung di Kantor Kepala Desa Srati, Kecamatan Ayah. Sedikitnya perwakilan dari enam Desa di Kecamatan Ayah menghadiri kegiatan tersebut.

Sebagai representasi partai berbasis kaum nahdliyin, kegiatan reses diawali pembacaan tahlil dan doa bersama yang dipimpin ulama setempat. Reses masa sidang II tersebut dihadiri sedikitnya 40 dari elemen masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Seorang warga Bejo (50) mengkisahkan saat sejumlah perahu nelayan di Pantai Menganti hancur diterpa gelombang tinggi. Meski demikian, hanya H Saman Halim Nurrohman yang mau mendengar dan merasakan keprihatinan atas persoalan yang dialami para nelayan.

“Menurut saya dari sekian fraksi yang punya dampak hanya PKB. Seperti adanya bencana hanya Pak Saman yang datang mendengar keluh kesah nelayan,” ungkapnya, Selasa (10/5/2021).

Informasi dihimpun, sedikitnya 20 perahu nelayan hancur lantaran gelombang tinggi. Peristiwa itu membuat nelayan kelimpungan tak bisa melaut karena perahu rusak. Tak hanya memberikan santunan, H Saman juga diketahui sedang memperjuangkan bantuan perahu secara berkala serta perluasan tempat sandar atau parkir perahu bagi nelayan.

“Kami sangat mengapresiasi betul apa yang selama ini diberikan oleh masyarakat. Selain hal itu juga sektor infrastruktur juga,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Desa Srati, Kecamatan Ayah, Sarmanto turut mengapresiasi dukungan H Saman terhadap program pembangunan desa baik fisik maupun non fisik. Menurutnya, sejauh ini cukup terlihat keberpihakan kepada persoalan yang dihadapi masyarakat.

"Kita senang bisa ketempatan reses, karena selama ini beliau sudah menananam kebaikan disini khususnya di bidang penanganan atau antisipasi bencana. Kita terus menjalin komunikasi langsung dengan beliau," jelasnya.

Sarmanto berterima kasih beberapa program melalui aspirasi pokok pikiran telah ditujukan kepada Desa Srati. H Saman, yang berangkat dari Dapil IV meliputi Kecamatan Ayah, Buayan dan Rowokele mendapat apresiasi atas peran aktif terhadap khususnya sektor penanganan maupun antisipasi bencana di Desa Srati.

“Ini merupakan kehormatan bagi kami dan terimakasih banyak. Kemarin sudah membawa bantuan seperti bronjongisasi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, H Saman yang juga Wakil Ketua Komisi D DPRD Kebumen itu juga berharap adanya sinergitas antara pemerintah desa dengan DPRD Kebumen untuk menampung setiap usulan masyarakat.

"Reses menjadi kewajiban kami, sebagai sarana penjaringan aspirasi dengan harapan pertama dapat silaturahim. Tentunya komunikasi menjadi penting, tanpa komunikasi hajat masyarakat sulit akan tercapai," ucapnya.

H Saman meminta kepada masyarakat memahami tentang kondisi adanya refocusing anggaran lantaran pandemi Covid-19. Namun demikian, adanya refocusing tersebut baginya bukan satu alasan untuk tetap melayani masyarakat melalui usulan yang dikemas dalam kegiatan reses.

"Tahun 2021 anggaran dari pusat terpangkas, jadi saya mohon maaf secara otomatis usulan mungkin ada yang tertunda. Satu contoh proposal semen ini masih belum jelas. Tapi masih kita perjuangkan terus untuk masyarakat," ungkapnya. (hfd)