Amin Lukmantoro Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Lewat Reses

 


BUAYAN, (seputarkebumen.com)- Anggota DPRD Kebumen dari Fraksi PDI Perjuangan berkomitmen untuk menyerap aspirasi terkait berbagai perosalan yang ada di Dapil IV meliputi Kecamatan Ayah, Buayan dan Rowokele.

Hal itu diungkapkan saat menjalani reses atau menjaring aspirasi masyarakat yang merupakan agenda rutin periodik DPRD Kebumen. Amin menyampaikan, kegiatan reses menjadi salah satu jembatan menyalurkan aspirasi masyarakat kepada anggota dewan yang duduk dikursi parlemen.

“Reses menjadi satu ruang interaksi kami selaku wakil rakyat untuk mencari tahu apa saja yang menjadi kebutuhan dan persoalan konstituen. Maka ini momentum yang penting,” katanya, Selasa (10/5/2021).

Amin Lukmantoro yang juga anggota Komisi D DPRD Kebumen meminta setiap usulan atau aspirasi sejalan dengan arah pembangunan desa atau wilayah setempat. Hal ini dianggap penting agar realisasi dari usulan tersebut dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

“Melalui Musrembangdes dan RPJMDes tentunya menjadi program skala prioritas desa yang berdasar atas asas musyawarah bersama. Inilah yang akan saya dampingi dan kawal agar dapat terealisasi. Tapi usulan yang tidak berpaku itu juga bisa,” jelasnya.

Reses digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi tamu undangan yang hadir serta mewajibkan mengenakan masker. Tak hanya itu, ia juga mengajak kepada masyarakat untuk membangkitkan kembali roda ekonomi masyarakat ditengah masa pandemi Covid-19.

“Meski kita masih diselimuti pandemi, tapi bukan berarti terus menerus larut dalam suasana dan kondisi seperti ini. Mari kita maksimalkan kembali sektor ekonomi dengan kompetensi masing-masing,” jelasnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Desa Mergosono, Kasiran mengapresiasi peran aktif Amin Lukmantoro dalam menampung setiap usulan yang datang dari masyarakat. Ia menilai, sejauh ini sinergitas antara DPRD Kebumen dengan Pemerintahan Desa sudah terjalin cukup baik.

“Sudah berjalan dua tahun, untuk tahun ini saya dikasih Rp 150 juta untuk pasar. Di Buayan baru periode ini ada 3 yang jadi dan Pak Toro ini termasuk saya rasakan dampaknya,” ungkapnya.

Kegiatan reses yang berlangsung di kediamannya di RT 01/01 Desa Rogodono, Kecamatan Buayan sekaligus sebagai ajang silaturahmi menyapa konstituen. Sedikitnya 40 orang perwakilan sejumlah elemen desa di Dapil IV tampak antusias mengikuti kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat masa sidang II. (hfd)