Wakil Bupati Kebumen Bagikan Susu Formula Untuk Menekan Angka Stunting

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)– memasuki program 100 hari kerja, bupati dan wakil bupati kebumen dihadapi pekerjaan rumah untuk menekan angka stunting atau kondisi gagal tumbuh anak yang kini mencapai 15,34 persen.

Upaya yang dilakukan pemkab kebumen untuk menekan angka stunting diantaranya membagikan susu formula secara gratis. seperti yang dilakukan pada Selasa (23/3/2021) di Pendopo Kecamatan Kutowinangun.

Bekerjasama dengan Rotary Yogya Tugu, sedikitnya 700 karton susu formula dibagikan sebagai anisipasi bayi stunting. susu formula tersebut dibagikan kapada bayi di dua kecamatan yakni Kecamatan Kutowinangun Dan Kecamatan Ambal.

Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih Mengatakan, Pemkab Kebumen melalui dinas lintas sektoral terus bekomitmen menekan dalam rangka menanggulangi stunting.

Beberapa upaya yang dilakukan, lanjut rista, pemkab kebumen melalui dinas kesehatan dan puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan telah melakukan pendataan untuk tindak lanjut perlakuan pencegahan stunting. 

Ristawati menyebutkan, salah satu kecamatan yang memiliki resiko tinggi angka stunting adalah Kecamatan Sruweng. untuk itu, ia mengajak segenap elemen untuk bersama menanggilangi stunting.

Sebelumnya, sebagai bentuk komitmen memerangi stunting. pemkab kebumen bersama segenap opd terakait melakukan penandatangan komitmen percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi.


"Kami atas nama Pemkab Kebumen mengucapkan terimakasih Untuk Rotarry club yang telah memberikan bantuan susu untuk mengurangi angka stunting di Kebumen, semoga kerja sama ini terus berlanjut," Pungkasnya.




Percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting dilakukan dengan rencana membentuk tim khusus penanganan stunting. rencana tersebut untuk memudahkan koordinasi, sehingga diharapkan penanganan stunting lebih optimal. 


Sementara, Ketua Rotary Yogya Tugu, sadana mulyono menyampaikan, pihaknya akan melakukan kegiatan serupa secara berkelanjutan. tidak hanya itu, rotary yogya tugu juga akan fokus pengentasan dalam hal lain khususnya bidang sosial.(sk/hfd/kpk)