Ratusan Polisi Divaksin, Tidak Terasa Sakit Dan Tidak Ada Efek Samping


KEBUMEN - (seputarkebumen.com)| Masyarakat diimbau untuk tidak ragu dan khawatir lagi dengan Vaksinasi COVID-19 yang sedang dilakukan Pemerintah.


Ratusan personel Polres Kebumen yang mengikuti vaksinasi sejak hari Rabu (25/2) hingga sampai saat ini, merasa baik-baik saja tidak seperti kabar hoax yang sempat beredar di dunia maya.


Saat proses penyuntikan pun, diungkapkan para personel Polres Kebumen tidak merasakan sakit.


Hal ini dimungkinkan karena ukuran jarum yang kecil ataupun teknik penyuntikan yang dilakukan oleh petugas.


"Saya kira belum disuntikkan. Malah yang terasa itu saat kapas dingin diusap ke kulit lengan sebelah kiri. Saya sempat tanya ke petugas, emangnya sudah disuntikkan?" jelas Aipda Suwanto Baur Tilang Sat Lantas Polres Kebumen, kamis (25/2).


Saat ia menanyakan ke petugas, petugas menjawab sudah selesai dan telah disuntikkan. 


"Katanya sudah disuntik, tapi bener-bener nggak kerasa. Katanya, sudah pak, sudah selesai," tutur Aipda Suwanto menirukan petugas vaksinasi sambil memperlihatkan bekas suntikan.


Proses terlama dari vaksinasi yakni berada di meja empat atau observasi. 


Pada meja ini, peserta vaksinasi harus menunggu 30 menit apakah ada gejala klinis setelah diberikan vaksin.


"Saya duduk nunggu sampai 30 menit, ngobrol sama rekan-rekan, biasa saja. Nggak ada gejala apapun. Kami yakin, ini aman," katanya.


Yang menarik dari vaksinasi ini, para penerima vaksin mendapatkan sertifikat telah menerima vaksin COVID-19 yang dikirim melalui SMS ataupun WA serta dicetak pada selembar kertas. 


Sertifikat ini bisa dibawa saat bepergian ke luar kota sehingga jika ada peraturan yang mengharuskan melakukan rapid test, penerima vaksin cukup menunjukkan sertifikat itu.


Diketahui bersama seluruh personel Polres Kebumen sebanyak 918 personel divaksin di tahap dua ini. 


Pemberian vaksinasi melibatkan petugas dari Urusan Kesehatan Polres Kebumen, PPNI Kabupaten Kebumen, Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Gombong. 


Pemberian vaksinasi kepada personel Polres Kebumen sifatnya wajib. Hal ini karena POLRI termasuk petugas pelayan publik sehingga harus diprioritaskan setelah tenaga kesehatan.(Win/kpk)