Kebumen Bakal Perpanjang PPKM Dua Pekan Kedepan

 

Foto : Tulisan ikon Kebumen di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di sebagian Jawa-Bali akan diperpanjang sesuai kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terbaru. Termasuk Kabupaten Kebumen yang saat ini juga tengah melaksanakan PPKM hingga 25 Januari 2021 mendatang.

Kemendagri melalui Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri mengaku, kebijakan tersebut diambil lantaran kasus Covid-19 di sejumlah daerah Jawa-Bali khususnya di daerah merah penyebaran Covid-19 belum menunjukan angka penurunan signifikan.

Nantinya, perpanjangan PPKM direncanakan akan berlaku dua pekan kedepan setelah PPKM tahap pertama Jawa-Bali selesai.

Sesuai keputusan rapat kebinet terbatas yang digelar baru-baru ini, terdapat 21 kabupaten maupun kota di Provinsi Jawa Tengah yang akan diberlakukan perpanjangan PPKM, diantaranya :
1. Kota Semarang
2. Kabupaten Semarang
3. Kota Salatiga
4. Kabupaten Demak
5. Kabupaten Grobogan
6. Kota Surakarta
7. Kabupaten Sukoharjo
8. Kabupaten Boyolali
9. Kabupaten Karanganyar
10. Kabupaten Sragen
11. Kabupaten Klaten
12. Kabupaten Wonogiri
13. Kabupaten Purbalingga
14. Kabupaten Cilacap
15. Kabupaten Banjarnegara
16. Kabupaten Kebumen
17. Kota Magelang
18. Kabupaten Kudus
19. Kabupaten Rembang
20. Kabupaten Pati
21. Kabupaten Brebes

Menanggapi hal itu, Koordinator Humas Satgas Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto menyampaikan, pihakya belum dapat memastikan keputusan atas adanya kebijakan perpanjangan PPKM dari Kemendagri. Namun begitu, ia memprediksi pemberlakuan perpanjangan PPKM akan selaras dengan instruksi tersebut.

“Saya tidak bisa memastikan, ya nunggu putusan Ketua Satgas. Sepertinya mengikuti instruksi dan juga kabupaten lain di Banyumas Raya,” katanya, Rabu (20/1/2021) malam.

Melalui rilis resmi, Cokro menyebutkan secara keseluruhan hingga saat ini kasus meninggal dunia disebabkan Covid-19 sebanyak 190 orang. Sementara terkonfirmasi Covid-19 tercatat  5232 orang.

Dari sejumlah kasus terkonfirmasi tersebut, dirawat sejumlah 346orang, menjalani isolasi 448orang, dan dinyatakan sembuh 4240 orang. Adapun perkembangan kasus Covid-19 hari ini, ada penambahan kasus terkonfirmasi positif 24 orang, terkonfirmasi sembuh sebanyak 30 orang. (hfd)