Dapur Umum PMI Suplai Ribuan Porsi Makanan Per Hari Untuk Karantina Santri


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Empat Pondok Pesantren di Kebumen masih mengkarantina santri-santrinya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga Rabu (7/10/2020) ratusan santri masih menjalani karantina mandiri di 4 lokasi pondok pesantren. Keempatnya yakni Ponpes Nurul Hidayah, Ponpes Al Azhar, dan Ponpes Al Furqon.

Pemerintah Kabupaten Kebumen menjamin kecukupan logistik makan minum bagi para santri ini melalui Dapur Umum yang dilaksanakan oleh PMI Kebumen.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mengatakan kegiatan dapur umum PMI Kebumen ini merupakan instruksi Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 yang bekerjasama dengan BPBD Kebumen.

"Sejak 22 September kemarin, dalam sehari kami tiga kali masak, pagi, siang dan sore. Sekali masak kami menyediakan sekitar 560 porsi," terang Sabar Irianto, Rabu (7/10/2020).

Sabar Irianto yang didampingi Kepala Markas PMI Eko Purwanto merinci, sasaran distribusi makanan siap santap ini yakni Ponpes Al Azhar sebanyak 450 porsi, Ponpes Nurul Hidayah 76 porsi, dan Ponpes Al Furqon 30 porsi.

"Untuk pondok yang di Petanahan kami berikan bahan makanan karena mereka punya dapur sendiri yang cukup representatif," lanjut Ketua PMI Kebumen.

Sementara itu, dalam pencukupan kebutuhan gizi pihaknya menyediakan menu sayuran, kacang, ikan, telur dan daging ayam. Untuk bahan pokok seperti beras, Sabar mengungkapkan, pihaknya membutuhkan sedikitnya 2 kwintal per hari.

Proses pengemasan makanan siap santap yang mencapai 1600 porsi lebih perhari dilakukan oleh relawan PMI dengan tetap memperhatikan higienitas. Adapun proses distribusi dilakukan sebanyak 3 kali sehari ke-3 titik karantina menggunakan mobil operasional PMI Kebumen.  

"Relawan kami hanya mengantar sampai pos penjagaan selebihnya petugas jaga yang membagikan kepada santri yang sedang dikarantina," ungkap Ketua PMI.

Untuk diketahui, di Kabupaten Kebumen terdapat 4 pondok pesantren yang menjadi sub klaster persebaran corona. Meski belum ada keterangan resmi dari Gugus Tugas terkait rincian jumlah pasti santri yang terpapar, namun jumlah porsi makanan yang disediakan oleh Dapur Umum PMI bisa tergambar seberapa pekat Covid-19 di ke empat pesantren diatas.

Data pada laman resmi Kebumen tanggap Covid-19 hingga Rabu (7/10/2020) pukul 10:14 WIB, terdapat 236 pasien positif Covid yang masih dalam perawatan dan isolasi. Sedangkan data kumulatif kasus terkonfirmasi, terdapat 834 kasus positif dengan 22 orang dinyatakan meninggal dunia dengan Covid-19. (pF)