Begini Cara Kapolres Semangati Santri Penyintas Covid-19 di Ponpes Nurul Hidayah


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan Senin (19/10/2020) mengunjungi Ponpes Nurul Hidayah setelah ratusan santrinya dinyatakan sembuh seratus persen dari paparan covid-19. Dalam kunjungan itu, Kapolres mengecek secara langsung penerapan protokol kesehatan di Ponpes yang berada di Desa Bandung Alian itu. 

"Kami ingin kembali mengecek apakah protokol kesehatan masih dilaksanakan setelah dinyatakan sembuh," ungkap AKBP Rudy disambut para santri yang saat itu sedang melaksanakan senam di halaman Ponpes.

Hasil pantauan, aktifitas di Ponpes Nurul Hidayah masih menegakkan protokol kesehatan, meski keseluruhan santri telah dinyatakan sembuh melalui proses karantina mandiri. 

Sejumlah tempat cuci tangan disediakan pihak ponpes dan diletakkan di tempat yang mudah diraih. Dalam belajar mengaji pun, para santri tetap mengenakan masker serta menjaga jarak. Protokol kesehatan menjadi kebiasaan baru dalam pola hidup sehari-hari para santri. 

"Hasilnya bagus, semua melaksanakan protokol kesehatan," kata AKBP Rudy. 

AKBP Rudy juga membuat semacam kuis dengan memberikan sejumlah pertanyaan kepada para santri agar suasana cair. Santri yang berhasil menjawab mendapat uang saku langsung dari AKBP Rudy. 

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan suntikan motivasi dan penyemangat kepada para santri. Sembuh seratus persen dari corona covid-19, merupakan hal yang membahagiakan bagi santri dan keluarga besar Ponpes Nurul Hidayah," lanjut Kapolres.

Sebelumnya dilaporkan sebanyak 179 santri Ponpes Nurul Hidayah terkonfirmasi positif corona melalui uji swab. Ponpes Nurul Hidayah pun sempat dilockdown untuk menghindari penularan lebih luas.

Para santri saat itu diwajibkan menjalani karantina mandiri sejak awal masa penetapan sebagai klaster pada tanggal pertengahan September 2020. Menurut perhitungan epidemiologi, karantina mandiri selesai tanggal 9 Oktober 2020 melihat dari masa inkubasi saat awal ditemukannya gelaja infeksi virus corona di Ponpes itu.

Saat ini seluruhnya telah dinyatakan sembuh melalui karantina mandiri. (pF)