Tengah Malam, Petugas BPS Sensus Tuna Wisma di Titik-Titik Remang Kebumen


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Selama 2 malam, Tim Task Force bentukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kebumen menyusuri jalanan dan titik-titik tempat tuna wisma bermalam. Kegiatan ini merupakan rangkaian Sensus Penduduk 2020 bernama Census Night yang digelar selama selama 2 (dua) hari sejak tanggal 15 September 2020. Melalui program Census Night, tim mulai bergerak sejak pukul 21:00 WIB hingga pukul 6:00 WIB esok harinya.

Dijelaskan Kepala BPS Kebumen Kus Haryono, pihaknya menargetkan seluruh warga di Kabupaten Kebumen bisa terdata dalam Sensus Penduduk tahun 2020, tak terkecuali mereka yang tidak memiliki tempat tinggal. Petugas BPS dengan dikawal petugas Satpol PP lantas menyusur wilayah hingga ke kolong jembatan, emperan toko di pasar, area terminal hingga stasiun.

"Census Night juga kami laksanakan ditempat-tempat khusus seperti pondok pesantren, panti asuhan dan panti rehabilitasi mental," terang Kus Haryono, Kamis (17/9/2020) di sela-sela pendataan hasil Census Night.

Untuk menjangkau seluruh wilayah Kebumen, lanjut Kus, Tim Task Force Census Night dibagi menjadi 3 (tiga) wilayah, yaitu Kebumen wilayah timur, tengah dan barat. Wilayah timur meliputi pasar dan alun- alun Prembun, pasar dan alun- alun Kutowinangun, serta pasar dan alun-alun Ambal.

Wilayah tengah meliputi wilayah Kebumen kota, yaitu Pasar Tumenggungan, area taman kota, alun- alun Kebumen, stadion, stasiun, terminal colt, terminal bus dan pasar ayam Tamanwinangun. Kemudian di Kecamatan Sruweng meliputi Pasar tengok, Pasar Kejawang, Pasar Petanahan dan Pasar Dorowati Klirong.

Sedangkan wilayah barat, petugas terjun mendata penduduk tunawisma mulai dari pasar dan Alun-alun Karanganyar, pasar dan Terminal Bus Gombong, Pasar Sitiadi Puring dan Pool Bus komersil di wilayah Purbowangi. (pF)