Rangkaian HUT ke-75, PMI Kebumen Gowes Sehat Dengan Physical Distancing


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Palang Merah Indonesia (PMI)Kebumen mengkampanyekan pola hidup sehat dengan bersepeda bersama sejauh 12 kilometer. Acara Gowes Sehat yang di laksanakan Jumat (18/9/2020), diberangkatkan dari halaman Markas PMI Kebumen. Adapun rute yang ditempuh Markas PMI - Tugu Lawet - Desa Kalirejo - Ponpes Al Kahfi Sumberadi - SMP N 6 Kebumen - Pasar Sruni - Kawedusan - Stadion Candradimuka, dan kembali ke markas PMI. Sedikitnya 60 pesepeda ikut dalam kegiatan ini.

Disampaikan Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto melalui Sekretaris Salim Wazdi, acara Gowes Sehat ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan HUT PMI ke-75 di Kabupaten Kebumen yang tahun ini dilaksanakan secara sederhana.


Sepanjang rute yang dilewati, relawan PMI membagikan pamflet berisi anjuran hidup sehat dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Relawan juga memberikan himbauan pemakaian masker kepada masyarakat melalui pengeras suara di mobil ambulan yang ikut mengawal acara Gowes Sehat.

"Hari ini untuk membangun solidaritas kita laksanakan Gowes bersama. Kita bagikan pamflet edukasi kepada masyarakat untuk ikut memutus mata rantai persebaran Covid-19," terang Salim Wazdi usai acara.

Lebih lanjut disampaikan Sekretaris PMI Kebumen, sebelumnya, dalam rangka HUT ke-75 pihaknya juga telah mengadakan serangkaian acara sederhana. Diantaranya potong tumpeng dan silaturahmi dengan para mantan pengurus PMI maupun relawan yang telah memasuki masa purna tugas.

"Kemarin kita sudah menjalin silaturahmi dengan para senior yang sudah berjasa membangun PMI Kebumen hingga menjadi seperti sekarang ini. Bagi senior yang sudah wafat kami doakan melalui acara tahlil," terang Salim Wadzi.

PMI Kebumen juga memberikan apresiasi kepada para pendonor dengan pengundian doorprize. Rencananya, pengundian dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama sudah dilaksanakan bersamaan dengan HUT ke-75, Kamis (17/9/2020). Adapun tahap 2 akan digelar bersamaan dengan peringatan hari relawan yang jatuh pada bulan Desember.

"Di awal masa pandemi kami pernah mengalami krisis stok darah, dan para pendonor ini dengan sukarela membantu kami. Di tahap 2 nanti kami berikan doorprize berupa satu unit sepeda motor," tutup Salim Wazdi. (pF)