Astaghfirullah, Corona Bertambah Lagi Jadi 301 Kasus

 


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Hening cipta, mulai.

Terhitung per Selasa (15/9/2020) pukul 12:52 WIB total kasus Covid-19 di Kebumen tercatat 301 kasus dengan 11 diantaranya meninggal dunia dan 75 berstatus dalam perawatan. Dalam 2 hari terakhir, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kebumen mengumumkan penambahan 15 kasus positif baru dan seorang pasien meninggal.

"Hari ini (kemarin red.) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan meninggal bertambah 1 orang. Almarhumah adalah pasien nomor kasus 291 berinisial MUN warga kecamatan Pejagoan," terang Koordinator Tim Humas Gugus Tugas Cokro Aminoto.

Pasien meninggal ini disebutkan merupakan perempuan, berusia 47 tahun yang memiliki kontak erat dengan pasien positif. Bertambahnya pasien positif yang sangat signifikan ditambah adanya pasien meninggal, membuat kondisi Covid-19 di Kebumen mengkhawatirkan. 

Analis Ma'rufin Sudibyo menyampaikan, tingkat kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Kebumen sudah mencapai angka 3,65 persen , mendekati rata-rata nasional yang 4,1 persen.

"Dari total 11 pasien wafat, 9 diantaranya terjadi dalam kurang dari sebulan terakhir. 79 dari 117 bed, atau hampir 70 persen dari bed khusus Covid-19 di rumah-rumah sakit di Kebumen sudah terisi," terang Ma'rufin melalui aplikasi pesan singkat.

Lebih lanjut disampaikan Ma'rufin, faktor usia menjadi komorbid utama pasien meninggal di Kebumen. Secara nasional, komorbid paling dominan adalah hipertensi.

"Semua pasien meninggal di Kebumen berusia diatas 45 tahun. Yang perlu diwaspadai masyarakat, penularan (lokal) masih terus terjadi. Terlihat dari positivity rate 7,5 persen dan nilai Rt 1,1. Sebagai gambaran, agar penularan terhenti, positivity rate harus di bawah 5 persen dan Rt di bawah 1," tutup Ma'rufin memaparkan hasil analisisnya. 

Mengheningkan cipta, selesai. (pF)