Amankan Penetapan Paslon, Polres Kebumen Turunkan Dua Peleton di Kantor KPU


 KEBUMEN (SeputarKebumen) - Penetapan Paslon peserta Pemilukada Kebumen 2020 di Kantor KPU Jl Arungbinang mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polres Kebumen, Kodim 0709, dan Satpol PP Kebumen. Bahkan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan beserta Wakapolres Kompol Sugiyanto turun langsung didampingi sejumlah Pejabat Utama Polres memantau jalannya kegiatan. 

Disampaikan Kapolres, pihaknya bersama Pemkab Kebumen menginginkan adanya Pemilukada Kebumen yang damai dan kondusif. Karenanya Polres Kebumen Rabu (23/9/2020) menyiagakan dua peleton untuk pengamanan di Kantor KPU. Bahkan mulai Kamis esok hingga hari pencoblosan 9 Desember 2020, akan ada satu peleton yang standby di kantor penyelenggara pesta demokrasi itu.

"Hari ini sejak pagi sudah kami tempatkan dua peleton dibantu TNI dan Satpol untuk giat pengamanan penetapan paslon ini. Selanjutnya setiap hari hingga Desember satu peleton akan berjaga disini (kantor KPU)," jelas Kapolres.

Pengamanan oleh jajaran Kepolisian, disampaikan Kapolres, tidak hanya di kantor KPU tetapi juga di beberapa lokasi potensial seperti di jalan-jalan menuju KPU. Kapolres juga mengungkapkan, pihaknya turun langsung ini adalah dalam rangka memastikan kegiatan penetapan Paslon peserta Pilkada ini berlangsung tanpa pengerahan masa pendukung.

"Beberapa waktu lalu kami juga sudah melakukan seleksi untuk personel yang akan menjadi pengawal para calon. Karena ini hanya ada satu paslon, jadi 2 orang ya, masing-masing akan dikawal oleh dua personel kami selama 24 jam dengan sistem shift," ungkap AKBP Rudy.

Seleksi bagi calon pengawal paslon ini, dikatakan Kapolres, meliputi test psikologi, ketangkasan beladiri, hingga kemampuan menggunakan senjata api. (pF)