Saat Wartawan "Disidak" Kapolres Terkait Kedisiplinan Protokol Kesehatan

KEBUMEN (SeputarKebumen) - Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dalam Inpres dimaksud termaktub instruksi kepada sejumlah pihak dalam mengerem laju kenaikan jumlah warga Indonesia yang terinfeksi Corona, termasuk kepada lembaga Kepolisian. 

Senin (24/8/2020), dalam rangka implementasi Inpres dimaksud, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melakukan kunjungan ke balai Wartawan Kebumen.

Dikatakan Kapolres, kunjungan dilakukan selain untuk silaturahmi dengan pegiat media juga untuk mengecek langsung kedisiplinan penerapan protokol kesehatan ditengah-tengah masyarakat, termasuk di kalangan wartawan.

"Semua kami cek, mulai dari internal anggota kami, juga seluruh elemen masyarakat," terang AKBP Rudy usai acara.

Peran Wartawan dinilai Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan sangat diperlukan sebagai respon atas masih tingginya jumlah kasus Covid-19 di Kebumen. Terlebih, melalui media masing-masing, wartawan memiliki wadah yang tepat yang langsung terhubung kepada masyarakat luas.

"Saat ini kegiatan di Polres Kebumen masih fokus untuk melakukan edukasi dan sosialisasi. Apa pentingnya (protokol kesehatan), apa targetnya, masyarakat harus tahu," lanjut Kapolres.

Terkait sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, AKBP Rudy yang juga penyandang gelar doktor ini mengaku menjunjung asas ultimum remedium. Dengan kata lain, sanksi akan diberlakukan sebagai opsi terakhir manakala pendekatan lain sudah tidak mampu mendisiplinkan masyarakat.

"Untuk sanksi, kita ultimum remedium. Ada, pasti ada (sanksi). Tapi nanti kami bahas lebih lanjut dengan tim Gugus Tugas," terang Kapolres.


Kunjungan Kapolres ke Balai Wartawan diterima Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan beserta puluhan wartawan dari berbagai media. Dalam kesempatan yang sama, Kapolres yang didampingi Kasubag Humas Iptu Sugiyanto memberikan bingkisan beserta masker kepada wartawan yang diterima simbolis oleh pengurus PWI Kebumen. (pF)