Metamorfosa Stasiun Radio Swara Karang Bolong Berubah Jadi Cafe Kekinian




GOMBONG, (seputarkebumen.com)- Pasang surut industri radio di tengah pesatnya berbagai macam saluran media informasi nampaknya disikapi serius oleh salah satu stasiun radio di Kebumen. Seperti halnya Radio Swara Karang Bolong (SKB) yang merupakan salah satu stasiun legendaris di gombong, kini diubahnya menjadi sebuah cafe kekinian.


Bertempat di wilayah barat Kabupaten Kebumen atau tepatnya di Jalan Yos Sudarso Nomor 171 Gombong. Radio SKB yang kini berubah menjadi Radio Kopi tidak menghilangkan ciri khas dengan menyematkan nama Radio.


Owner Radio Kopi Didi menyampaikan, Radio Kopi menawarkan 10 kopi terbaik nusantara mulai kopi pilihan lokal kebumen, Gayo Aceh, Kerinci Honey, Bali hingga Toraja. Pengunjung pun bisa memilih aneka kopi baik dari espresso based maupun manual brew. 


"Bagi penikmat kopi, kita tawarkan berbagai macam varian kopi yang menjadi kekayaan indonesia. Silahkan pilih sesuai selera," ucapnya, saat ditemui di Radio Kopi, Jumat, (29/08/2020).


Mengusung konsep cozy place, sebagian kontruksi bangunan cafe yang berdiri di atas lahan bekas stasiun radio ini memanfaatkan kontainer bekas. Sehingga cafe berlantai tiga ini banyak diburu kalangan tua hingga muda sebagai tempat pertemuan atau sekedar untuk nongkrong.


Dijelaskan Didi, sejarah Radio Kopi yang dulunya Radio SKB merupakan salah satu stasiun radio legendaris yang dimiliki Kabupaten Kebumen. Bahkan, sang pendiri SKB konon turut berjuang pada masa kemerdekaan di bidang informasi publik.


"Ada tokoh sejarah di Gombong, bercerita bapak saya dulu juga ikut di masa kemerdekaan. Pada perjanjian renvile juga," terangnya.


Meski terkesan tempat dan menu begitu mewah, namun sebenarnya harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Bahkan, Radio Kopi satu-satunya cafe yang telah memiliki alat roaster kopi sendiri dengan kemampuan 6 kg sekali roasting.


"Misal datang kesini berdua, Rp 50 ribu sudah bisa dapat lah, yang jelas tidak membuat kantong kering," tuturnya.


Lebih dari itu, pengunjung juga dapat menikmati secara langsung pemandangan indah Kota Gombong yang berada di lantai 2 dan 3. Beberapa fasilitas yang bikin pengunjung betah adalah setiap minggu Radio Kopi memanjakan dengan gelaran live musik. Terdapat pula fasilitas lain seperti Wifi gratis serta Room VIP.


Salah satu pengunjung Cinta (24) mengungkapkan, sejak pertama kali dibuka pada awal 2019 lalu, Radio Kopi digunakan sebagai tempat rutin berkumpul bersama teman kuliahnya. Selain mengerjakan tugas bersama, ia juga sering datang hanya untuk sekedar hangout bersama teman.


"Tempatnya nyaman dan instagramable, makanan dan minuman juga tidak kalah dengan yang lain baik harga dan rasa," terangnya. (Hfd)