Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Jasad Dua Pemuda Jagasima


KLIRONG (SeputarKebumen.com) Tim SAR Gabungan berhasil menemukan jasad korban yang tenggelam di muara Sungai Lukulo, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kebumen, Selasa siang (2/6/2020). Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto dihubungi Seputar Kebumen mengatakan, jenasah keduanya ditemukan sekitar pukul 14:00 WIB.

"Keduanya sudah diketemukan semua, sedang proses evakuasi ke darat oleh SAR, BASARNAS, dan Relawan. Selanjutnya dibawa Petugas PMI dengan Ambulans PMI ke RSUD guna autopsi," terang Teguh.

Lebih lanjut dikatakan Plt Kalak BPBD, pencarian dilakukan dengan menyisir area darat sepanjang pinggiran muara Sungai Lukulo dan Pantai Jogosimo ke arah barat dan timur sejauh 2 kilometer. Tim SAR gabungan juga melakukan pencarian air menggunakan perahu karet dan perahu jukung di sekitar tempat kejadian ke arah barat dan timur. Selain melakukan pencarian, pihaknya juga menyebar informasi ke sepanjang pantai selatan.

Adapun unsur SAR Gabungan terdiri atas Basarnas Cilacap, Polsek Klirong, Koramil Klirong, BPBD Kebumen, PMI Kebumen. Kemudian RAPI, Orari, Banser, SAR MTA, Cilacap Rescue, Ubaloka, SAR Tunas Kelapa, Gertak’s, TRC Bongkar, SAR Elang Perkasa dan warga sekitar.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua orang pemuda asal desa Jagasima bernama Mujahidin (22) dan Faidu Rohman (23) dilaporkan tenggelam saat bermain rakit  di muara Sungai Lukulo Senin (1/6/2020) pagi. Kecelakaan berawal ketika kedua korban bermain rakit di aliran sungai Luk Ulo di Desa Jagasima beberapa jam sebelum kejadian. 

Saat itu debit air sungai sedang meningkat dan berbahaya. Pada saat memasuki muara, dimungkinkan rakit sederhana yang dinaiki kedua korban tidak stabil sehingga terbalik yang mengakibatkan keduanya tenggelam terbawa derasnya arus muara. (pF)