Corona Kebumen: Gundul Sudah, Penghargaan Sudah, Kini Dapur Umum Covid-19 Ditutup


KEBUMEN (SeputarKebumen) Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk bagi perekonomian secara makro. Tak hanya bagi dapur orang pribadi, Dapur milik Pemerintah Kabupaten Kebumen pun mulai Selasa (30/6/2020) sudah tak lagi "ngebul".

Bupati Kebumen didampingi Forkompimda telah menutup secara resmi kegiatan Dapur Umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen.

"Karena kondisi pandemi Covid-19 di Kebumen sudah semakin terkendali dan masyarakat terdampak sudah mulai bisa beraktivitas kembali dengan new normal, maka pada hari ini Dapur Umum Covid-19 Kebupaten Kebumen saya nyatakan ditutup," kata Bupati Yazid Mahfudz di Dapur Umum yang dipusatkan Sanggar Pramuka Jl Tentara Pelajar Kebumen.

Pada kesempatan itu, Bupati KH Yazid Mahfudz mengucapkan terima kasih kepada para relawan dan semua pihak yang terlibat pada kegiatan dapur umum.

Bupati mengatakan, meski dapur umum covid-19 ini telah ditutup, namun jika terdapat situasi kedaruratan pihaknya akan kembali membuka operasional Dapur Umum. Yazid juga kembali menegaskan perjuangan melawan Covid-19 belum akan berakhir.

Plt Kalak BPBD Teguh Kristiyanto dalam sambutannya mengatakan, Dapur Umum telah beroperasi dalam dua tahap. Tahap pertama yang dibuka oleh Wakil Bupati Arif Sugiyanto, beroperasi sejak 30 April 2020. Setelah berjalan sekitar 25 hari, Dapur Umum "diliburkan" saat hari raya Idul Fitri. Tahap dua, dimulai 11 Juni 2020 dibarengkan dengan deklarasi Kebumen Zero Covid, dan ditutup hari ini, Selasa (30/6/2020).

"Awalnya, dapur umum menyediakan 1.000 nasi bungkus per hari, namun karena peningkatan permintaan kami tambah hingga pernah membuat 2.000 bungkus. Adapun sasaran dari kegiatan dapur umum adalah masyarakat yang terdampak seperti para tukang becak, pondok pesantren, dan panti asuhan," terang Kalak BPBD.

Adapun unsur yang terlibat pada kegiatan kemanusiaan itu diantaranya TNI, Polri, BPBD Kebumen, PMI Kebumen, Ubaloka Kwarcab Kebumen dan relawan lainnya.

Hadir pada acara itu Wakil Ketua DPRD Yuniarti Widayaningsih, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kepala Dinas Kominfo Cokro Aminoto. Kemudian, Plt Kalak BPBD Teguh Kristiyanto, Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto, serta para relawan. (pF)