RSDS Kebumen Tetap Buka Layani Pasien selama Libur Idul Fitri


Jajaran Management RSDS Kebumen saat acara jumpa pers dengan awak media.(ft sk.ist)

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sudirman Kebumen bakal tetap buka melayani masyarakat dan pemudik selama libur idul fitri 1445 H Bahkan sejumlah dokter pun disiagakan dan khusus untuk Unit Gawat Darurat (UGD) buka 24 jam penuh.


Hal itu disampaikan Direktur RSUD Kebumen, dr Arif Komedi, saat menggelar Jumpa Pers di salah satu Rumah Makan Kebumen, Kamis 4 April 2024. Hadir sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen.


Arif Komedi mengatakan, RSUD dr. Soedirman selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hanya saja, saat lebaran idul fitri layanan dibuka pada tanggal 8,13, dan 15 April 2024. Layanan diberikan kepada siapapun, termasuk pemudik dari luar daerah sekalipun.


’Pasien dari mana saja bisa dilayani pada pelayanan kesehatan tingkat 1 (PPK 1). Baik puskesmas maupun dokter praktik mandiri. Tidak dipungut biaya asal memiliki kartu BPJS aktif,’’jelasnya.


Dijabarkan, saat ini RSUD dr Soedirman memiliki sejumlah layanan baru yang memang sudah berjalan. Diantaranya pelayanan TB MDR atau Tuberculosis Multi Drug Resistant, dengan nama bangsal rafflesia.


‘’Alhamdulillah sudah beroprasi, baik untuk pelayanan pasien rawat jalan maupun inap. Ini memang menjadi konsen kita, perhatian kita terkait dengan tingginya TB yang resistant obat di Kabupaten Kebumen, sehingga perlu ada penanganan khusus yang ini tentunya kepada pasien-pasien biar tidak menular kepada yang lainnya,’’imbuhnya.


Selain itu, ada pula ruangan bangsal Seroja. Ini merupakan pelayanan rawat inap khusus untuk gangguan jiwa.


‘’Ini sudah beroprasi dan juga sudah ada pasiennya, kemarin kita juga berupaya untuk bisa mempersiapkan bangsal yang humanis untuk pasien sakit jiwa,’’kata Arif Komedi.

Kemudian RSUD juga menyediakan layanan keuangan melalui ATM, Tranfer, IDC, dan Qris. Harapanya semua transaksi pembayaran pasien bisa dilakukan non tunai.(*)