Diikuti 834 Peserta, POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen


Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih saat membuka Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Karesidenan Kedu di SMK N 2 Kebumen.(ft istimewa)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih mewakili Bupati Arif Sugiyanto resmi membuka Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Karesidenan Kedu di SMK N 2 Kebumen pada Rabu 24 April 2024. POPDA kali ini diikuti 834 artlet dari 9 cabang olahraga.

Wabup bersyukur, pembukaan POPDA tingkat Karesidenan Kedu 2024 berlangsung meriah. Hal ini terlihat dari  antusias peserta dan guru pendamping yang datang dari berbagai kota/kabupaten se Karesidenan Kedu.

Menurutnya, POPDA ini bisa menjadi batu loncatan bagi para pelajar sekolah se Karesidenan Kedu untuk mengukir prestasi yang cemerlang di bidang olahraga sesuai bakat dan minatnya.

"Mereka punya minat dan bakat untuk mengukir prestasi ke jenjang selanjutnya, melalui pembinaan prestasi di KONI di wilayahnya masing-masing, sehingga nantinya bisa berlaga di tingkat yang lebih tinggi baik provinsi, nasional maupun Internasional," ujar Wabup Rista.

Wabup berpesan agar para peserta POPDA bisa menjunjung tinggi sportivitas dan memberikan hasil yang terbaik bagi sekolah yang diwakilinya.

"Saya tekankan kepada para pelajar sekolah yang mengikuti POPDA ini kalau mereka memiliki hobi dan bakat bisa ditekuni, diasah sembari tidak melupakan tugas utama sebagai seorang pelajar yaitu belajar," ujarnya.

"Jangan lupa hormati juga orangtua dan guru. Mudah-mudahan mereka bisa membawa nama baik Kabupatennya masing-masing, dan meningkatkan prestasinya sesuai bakat dan minatnya," tambahnya.

Untuk para atlet pelajar dari Kebumen, secara khusus, Wabup berharap mereka bisa tampil maksimal dengan semangat juang yang tinggi, sehingga target untuk meraih juara bisa tercapai. 

"Untuk para artlet pelajar di Kebumen, harus yakin, berusaha dan berdoa, Insya Allah juara. Tetap semangat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga Yanie Giat Setyawan menerangkan, tujuan diselenggarakannya POPDA ini diantaranya memberikan kesempatan bagi pelajar guna mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga, sebagai ajang evaluasi pembinaan olahraga di sekolah-sekolah, sekaligus sarana memupuk, memelihara dan menggalang persatuan dan kesatuan diantara pelajar Karesidenan Kedu.

"Saya yakin dan percaya para atlet pelajar kita mampu memberikan hasil yang maksiamal, bertanding dengan sportif, jujur dan berjiwa besar," ucapnya.

POPDA tingkat Karesidenan Kedu ini berlangsung hingga Jumat 26 April 2024. Adapun olahraga yang dipertandingkan, yakni Pencak Silat, Bulu Tangkis, Voli Indoor dan Pasir, Sepak Bola, Bola Basket, Sepak Takraw, Karate, dan Takwondo. Peserta yang mengikuti POPDA ini merupakan pelajar SMP dan SMA/SMK.(*)