Sebanyak 133 Pegawai BLUD Terima SK dari Bupati Kebumen


Bupati Kebumen H.Arif Sugiyanto saat menyerahkan SK pengangkatan pegawai BLUD.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebanyak 133 Pegawai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) menerima SK  Pengangkatan Sebagai Pegawai BLUD dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Sebelumnya mereka telah mengikuti tahapan seleksi pegawai BLUD yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan PPKB Kabupaten Kebumen.

Penyerahan SK Pegawai BLUD diberikan di pendopo Kabumian, di sela-sela apel bersama Bupati Arif Sugiyanto dan jajaran dinas terkait, Senin 5 Februari 2024. Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada mereka yang mendapat SK pengangkatan. Bupati juga berpesan agar bekerja dengan baik.

"Kepada kalian yang hari ini menerima SK pengangkatan, kami ucapkan selamat.  Bekerjalah dengan baik, taati aturan, jangan menyia-nyiakan kesempatan ini dengan bekerja sesuka hati," ujar Bupati.

Menurut Bupati, upaya menjadikan RSUD dan puskesmas sebagai BLUD ditujukan untuk mengoptimalkan pengelolaan serta meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah.

Lebih lanjut, Bupati menegaskan setiap badan publik, khususnya rumah sakit dan puskesmas yang berstatus sebagai BLUD, harus mengutamakan efektivitas dan efisiensi serta kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Tujuan BLUD adalah memberikan layanan secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat, sejalan dengan praktik bisnis yang sehat untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan daerah," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan PPKB Iwan Danardono mengatakan,  kebutuhan formasi  BLUD tahun 2024 sebanyak 145 pegawai.

Pengumuman pengadaan pegawai BLUD dilaksanakan tanggal 12 Januari 2024 melalui website resmi Dinkes PPKB. Kemudian seleksi administrasi tanggal 18-21 Januari 2024 dengan jumlah berkas  masuk sebanyak 902 pelamar.

Selain seleksi administrasi juga dilaksanakan seleksi kompetensi dengan CAT dan seleksi wawancara oleh pejabat struktural di lingkungan Dinkes PPKB dan Perwakilan organisasi profesi kesehatan. Dari seleksi tersebut diterima 133 pegawai.

"Dari seluruh rangkaian seleksi, yang diterima akhirnya 133 orang. Mereka akan bekerja sebagai pegawai BLUD di RSUD Dr. Soedirman, RSUD Prembun dan sejumlah Puskesmas di Kabupaten Kebumen," tambahnya.(*)