Profil Pengacara Muda Muchammad Fandi Yusuf SH.Mh, Ketua Aliansi Advokat Indonesia Wilayah Kebumen

Muchammad Fandi Yusuf SH.Mh Ketua Aliansi Advokat Indonesia wilayah Kebumen.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sukses mewujudkan mimpi sebagai profesional di bidang hukum adalah impian seorang pemuda bernama Muchammad Fandi Yusuf saat ditemui di kantornya di desa Gemeksekti Kecamatan Kebumen Selasa 13/02/2024.

Fandi bercerita ketertarikannya terhadap dunia hukum dan politik berawal saat sering diajak berkampanye salah satu partai politik oleh ayahnya.

"Saya dikenal dunia Politik dari waktu masih sekolah SD, waktu itu sama Bapak sering diajak ikut kampanye Partai Politik, dan saat itu PKB partai yang kami dukung dan saat SMA ikut dalam tim pemenangan calon Kepala Daerah yaitu Calon Bupati, yang akhirnya aku menemukan bakat minatku ada pada ilmu sosial humaniora. Sampai pada akhirnya aku mendaftar kuliah di UGM dengan pilihan di Fakultas Ilmu Sosial & Politik (Fisipol UGM) Dan alhamdulillah aku tidak diterima".Ungkap Fandi.

Sampai akhirnya Fandi memutuskan mencoba mendaftar lagi di UGM dengan memilih Prodi Ilmu Hukum dan diterimanya juga di Prodi yang di idam-idamkannya.

"Aku memilih Ilmu hukum karena termasuk rumpun ilmu Sosial Humaniora sesuai bakat minatku. Aku pun belajar Ilmu Hukum dengan serius. Sampai akhirnya aku mencintai Ilmu ini dan berharap menjadikan Ilmu Hukum yang ia pelajari bisa bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan bantuan hukum, siapapun orangnya tanpa pandang bulu siap kami bantu" Tutur Fandi.

Banyak cerita suka duka saat awal Fandi menjadikan seorang advokat, termasuk saat menjadi ketua tim pemenangan bakal calon kepala daerah melalui jalur independen yang menjadikannya menjadi seorang advokat muda yang benar-benar merasakan perjuangan tanpa mendapatkan upah materi tapi mendapat suatu pengalaman yang sangat berharga.

"Iya mas setelah aku lulus dan  berprofesi sebagai Advokat, aku kembali terlibat ke dunia Politik karena sempat menjadi ketua tim pemenangan Bakal Calon Kepala Daerah melalui jalur independen, meskipun belum berhasil menang,tapi pekerjaan tersebut menempa saya saat awal menjadi pengacara". Ujar Fandi.

Mucahmmad Fandi Yusuf SH MH saat ini aktif di beberapa organisasi, berapa diantaranya sebagai Humas di Himpunan Advokat kebumen (HAK), Ketua LBH GP Ansor kebumen, dan sebagai salah satu Advokat di LPBH NU Kebumen.

Menurut Fandi Menjadi seorang Praktisi Hukum harus mudah bergaul dan bisa mencari jejaring sosial yang luas, termasuk memasuki tahun Politik 2024, hasrat politik yang sudah cukup lama tertidur akhirnya terbangun kembali dan saat ini Fandi dipercaya menjadi Ketua Koordinator Aliansi Advokat Indonesia Wilayah Kebumen.

Melalui Aliansi Advokat Indonesia Wilayah Kebumen Fandi diberi mandat untuk mendukung, dan mengawal secara hukum pemenangan Paslon Capres dan Cawapres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka.

Diakhir cerita Fandi jg berpesan kepada generasi muda supaya memilih jurusan/prodi sekolah/kuliah yg sesuai dengan minat dan bakat.

Itulah sekilas tentang cerita hidup Muchammad Fandi Yusuf SH Mh dalam mengenal dunia Politik dan Hukum. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi generasi muda.(*)