Kunjungan Kerja di Kebumen, Kakanwil Kemenkumham Jateng Ingatkan Netralitas Pegawai Rutan di Pemilu 2024


Kepala Kantor Wilayah Kemetrian Hukum dan HAM, Provinsi Jawa Tengah, Tejo Harwanto saat melakukan kunjungan kerja di Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Kebumen.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Mendekati pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang, Kepala Kantor Wilayah Kemetrian Hukum dan HAM, Provinsi Jawa Tengah, Tejo Harwanto mengingatkan seluruh pegawai Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Kebumen untuk menjaga netralitas dan tetap fokus pada peningkatakan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya Warga Binaan Rutan.

Hal ia sampaikan saat melakukan kunjungannya, Selasa 30 Januari 2024. Kunjungan disambut baik oleh Kepala Rutan Kelas II B Kebumen, Trimulyono beserta seluruh pegawainya serta dihadiri Pegawai Rutan Purworejo.

Kakanwil menegaskan, jelang pemilu seluruh ASN dilingkungan lembaga pemasyarakatan harus netral dan tidak boleh memihak kepada salah satu calon politik. ASN Handal harus tetap memberikan layanan kepada masyarakat tanpa diskriminasi, serta harus melindungi dan menghormati hak asasi manusia baik warga binaan maupun seluruh petugas.

‘’ Jadi saya ingatkan berkaitan dengan menyongsong Pemilu 2024, jaga netralitas dan ASN handal maka harus netral, karena siapapun yang terpilih nanti, sebagai ASN tetap memberikan layanan kepada masyarakat tidak diskriminasi, serta harus melindungi dan menghormati hak asasi manusia baik warga binaan maupun seluruh petugas yang ada dimasing-masing UPT Pemasyarakatan,’’tegas Tejo Harwanto.

Disisi lain, Tejo menjelaskan, kunjungan ini juga sekaligus untuk memastikan layanan di Rutan tetap berjalan dengan baik, khususnya jelang pemilu. Termasuk untuk memberikan penguatan dan pembinaan kepada para pegawai. 

‘’ Kunjungan ini juga untuk memastikan layanan lembaga pemasyarakatan di wilayah eks karisidenan kedu berjalan dengan baik dalam menyambut Pemilu 2024 yang tinggal beberapa hari lagi. Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan dan pengawasan dari kantor wilayah terhadap sejauh mana tugas, fungsi, kewenangan dan tanggungjawab setiap wilayah dapat berjalan dengan maksimal.Tadi saya meninjau Dapur, ruang cek kesehatan, dan sarpras lainya, semua saya kira sudah cukup baik dan tertata, semoga bisa ditingkatkan lagi,’’ujarnya.

Sementara itu, Kepala Rutan kelas II B Kebumen, Trimulyono menyampaikan jelang pemilu, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Kebumen guna memastikan kesiapan pelaksanaan TPS khusus di dalam Rutan. Rencananya, pada awal februari ini akan dilaksanakan simulasi pencoblosan bagi warga binaan.

‘’ Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan TPS, Kami telah berkoordinasi dengan KPU Kebumen. dan rencananya pada awal februari ini akan dilaksanakan simulasi pencoblosan bagi warga binaan,’’jelasnya.(*)