Jalan Demangsari-Bulurejo selesai Dibangun,Halus-Mulus untuk Dilewati


Jalan Demangsari-Bulurejo yang telah selesai dibangun halus mulus dengan betonisasi.(ft SK/ist)
AYAH, (seputarkebumen.com)- Masyarakat Demangsari, Ayah dan sekitarnya kini bisa menikmati jalan Demangsari-Bulurejo yang telah selesai dibangun dengan betonisasi. Jalan ini sebelumnya tampak begitu parah kerusakannya, dan telah dibangun oleh Pemerintah Daerah tahun 2023.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, di tengah keterbatasan anggaran APBD, pihaknya tetap berupaya bagaimana pembangunan infastruktur tetap berjalan, baik jalan maupun jembatan. Bupati bersyukur, Pemerintah Daerah dapat bantuan dari Pemerintah Pusat, dan Provinsi.

"Seperti halnya Jalan Demangsari-Bulurejo, itu kita dapat bantuan hibah dana Provinsi sebesar Rp6 Miliar. Itu kita bangun tahun ini, dengan waktu 150 hari kerja dari 10 Juli hingga 6 Desember 2023. Alhamdulillah sudah rampung, bisa dilewati," ujar Bupati, Rabu (6/12/2023).

Demikian juga Jalan Karangbolong-Ayah itu tengah dilakukan perbaikan dan pelebaran jalan, yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen. 

"Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Presiden Rp120 Miliar. Kemudian ruas jalan Tegalretno-Pandankuning dengan anggaran Rp26,5 Miliar, ruas jalan Wiromartan-Tambakmulyo dengan anggaran Rp125 Miliar. Besar sekali kan, kalau mengandalkan anggaran APBD, tidaklah cukup," ujarnya.

Sekarang, tugas masyarakat,  tutur Bupati, ikut merawat dan menjaga agar jalan yang sudah dibangun tidak cepat rusak. Adapun, jalan-jalan yang masih rusak, dan belum dibangun, pihaknya minta masyarakat untuk bersabar. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

Terkait peningkatan Jalan Demangsari-Bulurejo, Kepala Desa Demangsari Warisman mengatakan, sebelum diperbaiki kondisi jalan Demnagsari-Bulurejo rusak parah, berlubang. Terlebih pada saat musim hujan, jalan tergenang dan membahayakan pengguna jalan.

"Alhamdulillah sekarang jalannya sudah mulus, memasuki musim hujan, masyarakat sudah tidak khawatir lagi kejeglong atau terjatuh," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ahmad Rois warga Desa Bulurejo. Ia mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dengan dibangunnya ruas jalan tersebut. Sebagai wujud syukur bahwan usai jalan tersebut selesai dibangun warga menggelar syukuran di tengah jalan baru.

"Itu sebagai ungkapan rasa syukur kita, jalan yang kita rindukan untuk diperbaiki, akhirnya jadi, bisa dilewati dengan aman dan nyaman. Untuk Pemerintah Daerah dan Bupati kita ucapkan terima kasih," terangnya.

Seperti  diketahui peningkatan jalan Demangsari -Bulurejo merupakan salah satu dari 10 proyek strategis Pemkab kebumen tahun 2023 yang menjadi penghubung Kebumen-Cilacap. 

Masa pemeliharaan selama 270 hari mulai 25 Oktober 2023 s/d 20 Juli 2024. Lebar jalan beton 5 m, panjang 1,7 km, tebal 20 cm. Lebar jalan aspal AC - BC 5m, panjang 200 m,  tebal 6 cm.(*)